androidvodic.com

Pimpinan MKD Usul Tolak Laporan Sahabat Mahfud Terhadap Bambang Pacul - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Ketua Komisi III DPR RI fraksi PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), terkait pernyataan menteri komentator saat mempertanyakan kewenangan Menko Polhukam Mahfud MD.

Pelaporan itu dilakukan oleh kelompok yang mengatasnamakan diri Sahabat Mahfud pada Senin (15/8/2022).

Baca juga: Pengamat Nilai Sindiran Bambang Pacul ke Mahfud MD Terlalu Reaktif dan Berlebihan

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua MKD DPR RI Habiburokhman mengaku sudah menerima laporan tersebut. 

Namun, Habiburokhman merasa laporan terhadap Bambang Pacul ini aneh dan akan usul untuk menolaknya.

"Sudah diterima, saya juga sudah baca. Tapi nanti di rapat besok, saya usulkan untuk ditolak laporan seperti ini," kata Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (16/8/2022).

Legislator Partai Gerindra itu merasa orang-orang yang melapor ini perlu diedukasi soal tugas dan kewajiban anggota DPR dalam memberi pengawasan dan kritik kepada pejabat negara.

"Haknya Pak Bambang kok bicara, kok dipersoalkan. Jadi sangat tidak beralasan. Masa orang ngomong menjalankan hak konstitusinya dilaporkan ke MKD, gitu kan yak," ujarnya.

Menurut Habiburokhman pernyataan Bambang Pacul itu sangat baik dan bagian dari menjalankan hak konstitusional sebagai anggota dewan. 

Baca juga: Reaksi Bambang Pacul Saat Disalahkan soal Kasus Lili Pintauli: Ketuanya Bukan Saya Waktu Itu

Justru menurutnya, apa yang dilakukan oleh Bambang Pacul itu kurang keras.

"Beliau (Bambang Pacul) itu menegakkan haknya, menggunakan hak konstitusional kok malah dilaporkan. Justru ini yang bagus, kurang keras malah," ucapnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dilaporkan ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) terkait pernyataan ‘Menteri Komentator’ saat mempertanyakan kewenangan Menko Polhukam Mahfud MD.

Pelaporan itu dilakukan oleh kelompok yang mengatasnamakan diri Sahabat Mahfud pada Senin (15/8).

Koordinator Sahabat Mahfud, Ferry Harahap menyayangkan pernyataan Bambang Pacul itu. Menurutnya, Bambang Pacul seharusnya menyampaikan pernyataan yang menyejukkan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat