androidvodic.com

HUT Kemerdekaan ke-77 RI Harus Jadi Momentum Lestarikan Tradisi Warisan Leluhur - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - HUT ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) harus menjadi momentum upaya melestarikan tradisi warisan leluhur.

Hal itu disampaikan perwakilan Relawan Kornas Balad Erick Thohir Ma’ruf Mutaqin, dalam memperingati HUT ke-77 RI.

Untuk itu, Relawan Balad Erick Thohir menggelar sejumlah kegiatan dalam rangka memperingati perayaan HUT RI ke-77 di 10 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Rabu (17/8/2022).

Satu di antara sejumlah kegiatan unik yang dihelat Balad Erick Thohir misalnya adalah Pawai Dongdang yang diadakan di Kampung Garisul, Jasinga, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk syukur atas nikmat kemerdekaan.

Balad Erick Thohir juga menggelar aneka lomba tradisional seperti balap karung, tarik tambang, hingga panjat pinang di Ciawang, Tasik. 

Ma’ruf berharap lewat tradisi dan permainan tradisional tersebut, anak-anak muda memiliki pertimbangan alternatif saat mereka mengartikulasikan identitasnya sebagai anak bangsa.

"Harus diakui jika fenomena CFW yang viral beberapa waktu lalu adalah buah dari artikulasi anak muda yang bosan terhadap budaya pop namun juga tak menemukan tempat di budaya tradisional kita, HUT RI seperti ini harus jadi momentum untuk mengenalkan keunikan dan keseruan warisan leluluh," kata Ma’ruf, dalam keterangan yang diterima, Rabu.

HUT warisan
HUT ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia (RI) harus menjadi momentum upaya melestarikan tradisi warisan leluhur.

Pegiat literasi digital ini juga ingin, anak-anak muda khususnya di Jawa Barat bisa bebas berekspresi namun tetap menjaga identitasnya sebagai orang sunda. 

"Ada banyak contoh, bagaimana musik atau budaya tradisional bisa berbicara di kancah dunia," ucapnya.

Baca juga: KSAD Jenderal Dudung Luncurkan Kegiatan Satria Muda yang Mengusung Kebhinekaan di HUT Ke-77 RI

"Saya teringat dengan lulusan SMK yang kini jadi musisi sekaligus Youtuber. Ya, dia adalah Alffy Reef yang sukses memadukan instrumen musik tradisional dan Elekronic Music Dance (EDM) dalam karya-karyanya. Saya membayangkan kelak ada Doel Sumbang atau Kabayan milenial dan kekinian," lanjutnya. 

Dengan begitu, kata Ma’ruf, bangsa Indonesia khususnya warga Jawa Barat akan pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Untuk diketahui, di perayaan HUT RI ke-77 kali ini Balad Erick menggelar kegiatan di 10 Kabupaten/Kota meliputi Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung Barat, Kota Bandung, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung, Kota Banjar, Kota Tasik, Kabupaten Tasik, dan Kabupaten Garut.

Selain sebagai bentuk perayaan HUT RI, kegiatan ini juga merupakan kick off untuk berbagai kegiatan lainnya yang akan dihelat Balad Erick Thohir di Jawa Barat

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat