androidvodic.com

Presiden Jokowi akan Groundbreaking Pembangunan Istana di IKN Bulan Ini - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali akan menyambangi Ibu Kota Nusantara (IKn) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada bulan ini.

Kali ini presiden ke IKN untuk melakukan Peletakan Batu Pertama atau groundbreaking pembangunan istana.

“Saya sedang koordinasi dengan Menteri PU insyallah kita lihat. (Groundbreaking) istana negara,” kata Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono di Istana Kepresidenan, Jakarta. Rabu, (17/8/2022).

Heru belum mengetahui kapan waktu pasti groundbreaking tersebut. Yang pasti menurut dia groundbreaking akan dilakukan dalam waktu dekat.

“Ke IKN jadi sebelum Agustus selesai. Ada ke IKN,” katanya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur harus dijaga keberlanjutannya.

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi dalam pidato Sidang Tahunan MPR-RI Tahun 2022 di gedung Nusantara, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, (16/8/2022).

“IKN bukan hanya untuk para Aparatur Sipil Negara (ASN), tetapi juga para inovator dan para wirausahawan,” kata Presiden Jokowi.

IKN di Penajam Paser Utara tersebut, kata Presiden Jokowi nantinya bukan hanya berisi kantor-kantor pemerintah, tetapi juga kantor motor penggerak ekonomi baru.

“Bukan kota biasa, tetapi kota rimba dengan pelayanan pendidikan dan kesehatan kelas dunia,” katanya.

Baca juga: Hal-Hal yang Disampaikan Jokowi di Sidang Tahunan MPR 2022: Soal IKN hingga Perang Ukraina-Rusia

Oleh karenanya menurut Presiden Jokowi, pembangunan IKN harus mengundang investor swasta, meskipun Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dibangun oleh dana APBN.

“80 persen investasi swasta diundang untuk berpartisipasi,” pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat