androidvodic.com

Pengamat: Puan Mampu Tunjukkan Kapasitasnya jadi Representasi Perempuan untuk Pilpres 2024 - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Pengamat Politik Universitas Paramadina, Khoirul Umam bicara soal PDIP yang sampai saat ini belum juga bermanuver soal arah koalisi.

Akan tetapi, satu hal yang sudah jelas, menurut Umam, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menyiapkan Puan Maharani untuk berlaga di Pilpres 2024 nanti.

“Saya mendengar ada upaya internal PDIP menghidupkan mesin politik lebih efektif untuk mengusung mbak Puan,” ujar Khoirul kepada wartawan, Sabtu (20/8/2022).

Keputusan politik PDIP itu juga terkonfirmasi dari pidato Puan sebagai ketua DPR jelang HUT ke-77 RI.

Saat itu, Puan menganalogikan keseimbangan kepak sayap burung, dan menegaskan bahwa penempatan perempuan dalam posisi jabatan publik adalah sebuah kelaziman dalam berdemokrasi.

Baca juga: Puan Dinilai Lebih Punya Peluang Jadi Capres PDIP Ketimbang Ganjar

“Itu adalah sinyal kuat bagaimana Puan mampu menunjukkan kapasitasnya untuk masuk dalam politik patriarki, dan menjadi representasi perempuan untuk maju di Pilpres 2024,” kata Khoirul.

Dia mengakui, masih ada yang menganggap remeh Puan karena bayang-bayang besar kakek dan ibunya.

Namun, menurut Khoril, dalam dunia politik posisi Puan tidak sesimpel itu.

“Memang dia memiliki keterbatasan elektabilitas saat ini. Tapi fakta politik menunjukkan Puan memiliki mesin politik yang solid dan mampu menggerakkan 21 persen suara. Itu adalah kunci riil dalam mesin pencapresan,” tandasnya.

Berita lainnya seputar Pilpres 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat