androidvodic.com

Bertemu Sepuh Pulau Pahawang, Sandiaga Beri Alat Semprot Pestisida - News

News, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi Pulau Pahawang, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Minggu (28/8/2022).

Kedatangan Sandiaga ke Pulau Pahawang dalam rangka Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 dan membuka Pahawang Culture Festival.

Sandiaga Uno datang ke Dermaga Jelarangan Pulau Pahawang setelah menepuh perjalanan dari tempat singgah di Villa Andreas dengan menggunakan kapal speed.

Kehadirannya pun langsung disambut para tokoh adat dan Tarian Sambai.

Baca juga: Menparekraf Dorong Pemanfaatan Limbah Sawit Jadi Lapangan Kerja Baru di Riau

Sembari memayungi Menparekraf Sandiaga Uno, para penari dan musik tradisional gamolan Lampung sekaligus mengiringi menuju jajaran Forkopimda.

Jajaran Forkopimda menemani Sandiaga Uno meninjau potensi Pulau Pahawang dan menyapa warga desa.

Di sana, Sandiaga Uno melihat langsung stand pembuatan dodol mangrove khas Pulau Pahawang, stand pembuatan miniatur Kapal Pinisi, pembuatan suvenir alat tangkap ikan, dan Gallery Suvenir.

Sandiaga Uno disuguhkan lagi dengan pemandangan aktivitas warga desa mulai dari kesenian rebana, dan anak-anak yang sedang bermain permainan tradisional seperti engklek, enggrang, dan lain-lain.

Bertemu sepuh Pulau Pahawang

Sandiaga Uno dalam kunjungannya pun sempat menemui sepuh bernama Barmawi yang telah berusia 77 tahun.

Sandiaga pun sempat berbicang-bincang soal sejarah Pulau Pahawang yang menjadi tempat kelahiran Barmawi.

Sandiaga juga memberikan alat semprot pestisida kepada Barmawi yang sehari-hari biasa berkebun.

"Saya ingin menggali lebih banyak dari kakek Barmawi ini tentang Pulau Pahawang," ujar Sandiaga Uno dalam keterangan yang diterima.

"Ternyata di sini saya temukan sebuah transformasi masyarakat pertanian menuju masyarakat yang mengandalkan pariwisata, jadi ekonomi ekstraktif sekarang ditopang oleh ekonomi kreatif," lanjut Sandiaga.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat