androidvodic.com

Mendagri Tito Karnavian Minta Satgas Pangan Jambi Kendalikan Inflasi Kebutuhan Pokok - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan kabupaten dan kota di Provinsi Jambi terus melakukan monitoring harga komoditas setiap harinya.

Tito mengatakan upaya ini penting untuk mengendalikan laju inflasi di daerah tersebut.

"Tiap hari muter di pasar-pasar untuk tahu harga-harga mana yang naik harga komoditas, terutama komoditas 12 kebutuhan pokok," ujar Tito saat memberi arahan terkait pengendalian inflasi di Provinsi Jambi, Sabtu (27/8/2022).

Mendagri meminta hasil monitoring tersebut kemudian dilaporkan secara berjenjang ke Satgas Ketahanan Pangan tingkat provinsi.

Selanjutnya, Satgas di tingkat provinsi meneruskan laporan tersebut ke Satgas Ketahanan Pangan di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca juga: Menteri Tito Singgung Tindakan Kekerasan di IPDN: Tidak Ada Gunanya

Apabila mendapati adanya kenaikan harga suatu komoditas, Satgas Ketahanan Pangan juga perlu mengecek penyebabnya.

Kenaikan tersebut dapat ditinjau melalui suplai komoditasnya yang kurang atau distribusinya terganggu.

Bila pangkal persoalan itu berada pada distribusi, Satgas Ketahanan Pangan dapat meninjau lebih dalam apakah karena ditimbun, ongkos transportasinya mahal, faktor cuaca yang buruk, atau penyebab lainnya.

Ia juga meminta pemerintah daerah (Pemda) memulai gerakan hemat menggunakan energi karena diyakini dapat menekan laju inflasi akibat krisis global.

Baca juga: Mendagri Tito Karnavian: Otonomi Daerah Dorong Pemda Mandiri Secara Fiskal

Pemda juga diminta agar memastikan subsidi yang diberikan kepada masyarakat tepat sasaran.

Pasalnya, banyak subsidi seperti Bahan Bakar Minyak (BBM) justru dinikmati oleh masyarakat dengan ekonomi yang tergolong mampu.

Sedangkan masyarakat yang kondisi ekonominya lemah kurang terakomodasi.

"Sehingga di tiap-tiap daerah (perlu) melakukan langkah terobosan bagaimana caranya agar yang menerima BBM subsidi itu betul-betul masyarakat kelas bawah," katanya.

Arahan Mendagri terkait pengendalian inflasi di Provinsi Jambi dihadiri Gubernur Jambi, bupati/wali kota se-Provinsi Jambi, serta perwakilan lembaga terkait lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat