androidvodic.com

KPK Tambah Masa Penahanan Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo dan Kawan-Kawan Selama 40 Hari - News

Laporan Wartawan News, Ilham Rian Pratama

News, JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menambah masa penahanan Bupati nonaktif Pemalang Mukti Agung Wibowo (MAW) dan lima tersangka lainnya selama 40 hari ke depan.

Adapun lima tersangka dimaksud antara lain, Adi Jumal Widodo (AJW) dari pihak swasta atau Komisaris PD Aneka Usaha (PD AU); Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Pemalang Slamet Masduki (SM); Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang Sugiyanto (SG); Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Pemalang Yanuaris Nitbani (YN); dan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pemalang Mohammad Saleh (MS).

"Tim penyidik melanjutkan masa penahanan tersangka MAW dkk untuk masing-masing selama 40 hari kedepan, terhitung 1 September 2022 sampai dengan 10 Oktober 2022," ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Selasa (30/8/2022).

Saat ini, Mukti Agung ditahan di Rutan KPK pada Gedung Merah Putih, Adi Jumal ditahan di Rutan KPK pada Kavling C1 serta Slamet, Sugiyanto, Yanuarius, dan Saleh masing-masing ditahan di Rutan KPK pada Pomdam Jaya Guntur.

Baca juga: Periksa Bupati Mukti Agung Wibowo, KPK Dalami Rotasi dan Mutasi ASN di Pemkab Pemalang

"Kebutuhan perpanjangan penahanan ini dalam rangka proses pengumpulan alat bukti untuk melengkapi berkas perkara penyidikan diantaranya dengan memanggil berbagai pihak terkait untuk menjadi saksi," kata Ali.

Bupati Pemalang Mukti Agung Wibowo ditetapkan KPK sebagai tersangka penerima kasus dugaan suap jual beli jabatan di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah bersama Komisaris PD Aneka Usaha Adi Jumal Widodo.

Sementara sebagai tersangka pemberi suap, KPK menjerat Pj Sekda Slamet Masduki, Kepala BPBD Sugiyanto, Kadis Kominfo Yanuarius Nitbani, dan Kadis PU Mohammad Saleh.

Mukti Agung Wibowo diduga menerima total Rp6,1 miliar dalam perkara tersebut.

Jumlah tersebut termasuk dugaan uang suap jual beli jabatan di Pemkab Pemalang yang ia terima dari sejumlah pihak.

Ketua KPK Firli Bahuri mengungkapkan, penerimaan uang oleh Mukti Agung dibagi menjadi dua klaster, yakni jual beli jabatan dan penerimaan dari pihak swasta.

Penerimaan pertama yakni terkait dengan jual beli jabatan. Diduga Mukti Agung menerima uang hingga Rp4 miliar.

Uang itu berasal dari sejumlah ASN di Pemkab Pemalang. Uang itu merupakan fee agar mereka bisa menempati sejumlah posisi strategis di Pemkab Pemalang.

Empat di antaranya yang diduga memberikan uang ke Mukti Agung yakni Slamet Masduki, agar dapat menempati posisi Penjabat Sekda; Sugiyanto untuk jabatan Kepala BPBD;  Yunairius Nitbani untuk jabatan Kadis Kominfo; dan Mohammad Saleh untuk jabatan Kadis PU.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat