androidvodic.com

Pesan Kapolda Metro Jaya ke Pembalap Liar: Kalau Kooperatif, Kami Fasilitasi - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran memberi syarat kepada pembalap liar agar pihaknya memberi fasilitas bagi mereka untuk menyalurkan hobinya.

Syarat itu yakni agar para pelaku balap liar bersikap kooperatif dengan tidak lagi melakukan balapan liar yang dapat mengganggu masyarakat.

"Semoga ini bisa menyiarkan kepada komunitas dan koleganya agar stop trek-trekan dan blokir jalan umum. Kalau teman-teman bersatu dan kooperatif pasti kita akan fasilitasi," ujar Fadil dalam acara street race seri keempat di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (3/9/2022).

Baca juga: Harapan Kapolda Metro Jaya Menjadikan Street Race di Kemayoran Ajang Sportainment

Nantinya, Fadil berharap fasilitas tersebut bisa berkolaborasi dengan pemerintah daerah hingga pemangku kebijakan lainnya dengan menyediakan lokasi untuk arena balapan.

Dengan begitu, kata Fadil, para pebalap dapat berlatih dan bertanding secara resmi, serta tidak lagi menutup jalan untuk keperluan balap liar.

"Ikhtiar dan inovasi ini belum selesi. Mimpi kami Polda Metro Jaya, kita dapat berkolaborasi menemukan lokasi yang menjadi fasilitas yang bisa digunakan setiap hari," kata Fadil.

Untuk diketahui, Street Race seri keempat yang digelar Polda Metro Jaya pada 3-4 September 2022 di mulai pukul 08.00 sampai 22.00 WIB. Terdapat 1.025 peserta yang akan mengikuti balapan tersebut.

Polda Metro menginisiasi untuk membuat Deklarasi Stop Balapan Liar. Melalui deklarasi ini, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengajak pegiat balap jalanan untuk sama-sama menekan angka kecelakaan lalu lintas yang sangat memprihatinkan.

Baca juga: VIDEO Momen Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Cek Kondisi Rutan Polres Metro Jakarta Barat

"Kita ingin satukan perasaan dan energi kita tentunya Polda Metro fasilitasi ini dan ini dimanfaatkan bersama. Karena korban kecelakaan di Jakarta cukup prihatin, di Jakarta ini yang meninggal dunia di angka sampai 5 dan yang paling banyak pemotor," kata Latif di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (2/9/2022).

Menurutnya, komunitas pembalap jalan perlu dirangkul untuk menekankan angka laka lantas. Terlebih, melaui Street Race PMJ, diharapkan para pegiat balap ini teredukasi soal pentingnya safety riding dalam kegiatan berkendara.

"Jadi para komunitas ini perlu mengetahui apalagi kalau balapan yang tidak ada pengawasan dan pelindungnya sangat berbahaya. Oleh larana itu saya harapkan street race yang diciptakan Pak Kapolda dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin, kita tuangkan energi kita tuangkan di sini jaga sehingga keselamatan akan terjaga," katanya.

Latif memastikan, Ditlantas Polda Metro Jaya akan memfasilitasi pegiat kegiatan balapan ini. Ia berjanji untuk merutinkan street race agar para pegiat hobi ini mendapat wadah untuk balapan.

"Di street race keempat ini saya harapkan tidak ada lagi balapan tanpa ada pengawasan kita. Kita akan asistensi dan saya minta dukungan dari pada komunitas untuk bantu polantas dan rangkul mereka ajak mereka di kegiatan ini selama dua bulan sekali," tutup Latif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat