androidvodic.com

VIDEO Kepala BIN, Panglima TNI dan Kapolri, Tiga Tokoh Paling Berpengaruh di Pemerintahan Jokowi - News

News, JAKARTA - Hasil survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menyatakan tiga sosok pejabat paling berpengaruh selama semester I Tahun 2022 Pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Mereka adalah Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

Hal itu diungkapkan dalam hasil survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) bersama Indonesian Publik Institute (IPI), dan Indonesian Club (IC).

Direktur Eksekutif LPI Boni Hargens mengatakan Budi Gunawan dianggap proaktif dalam berbagai kegiatan penanggulangan Covid-19.

"Kita lihat juga Kepala BIN sangat proaktif di dalam kegiatan vaksinasi," kata Boni pada acara launching survei di Jakarta, Sabtu (17/9/2022).

Boni menuturkan responden memilih Budi Gunawan karena peran BIN dalam mendukung kebijakan pemerintah dalam pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Selain itu, ia menyebut peran BIN dalam menggelontorkan subsidi langsung sebagai antisipasi tekanan ekonomi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM juga menjadi alasan responden memilih Budi Gunawan.

"Kemudian kebijakan pemerintah untuk menggelontorkan subsidi langsung untuk mengantisipasi tekanan ekonomi yang tinggi akibat kenaikan BBM," ujar Boni.

Jenderal Andika Perkasa menempati urutan kedua sebagai tokoh yang berpengaruh pada semester awal 2022.

Posisi ketiga adalah Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo.

Sebagai informasi, survei nasional diadakan di 23 Provinsi di Indonesia sejak 30 Agustus sampai 12 September 2022.

Populasi survei ini adalah para dosen/pakar, peneliti, anggota LSM/NGO, aktivis seniman.

Teknik sampling yang digunakan pada riset ini adalah purposive sampling di mana subjek yang ditunjuk sebagai sampel memiliki kriteria khusus seperti profesi dan bidang keilmuannya.

Berdasarkan teknik sampling tersebut, jumlah sampel yang di peroleh sebanyak 800 responden.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat