androidvodic.com

AHY Kenang Sosok Azyumardi Azra: Tokoh Pers Indonesia dengan Tulisan Kelas Dunia - News

News, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengenang sosok Almarhum Ketua Umum Dewan Pers Azyumardi Azra.

Menurut AHY, Azyumardi Azra, Guru Besar UIN Jakarta itu merupkan tokoh cendikiawan muslim Indonesia yang begitu melegenda.

Kepergian almarhum Azyumardi Azra, lanjut AHY, meninggalkan banyak sederet jejak, utamanya pemikiran dan ide-ide besarnya yang selalu menyejukkan.

“Saya sendiri mengenang beliau tentunya selain juga tokoh pers Indonesia, tulisan-tulisannya selalu juga berkelas dunia,” kata AHY di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022).

AHY lantas mengungkapkan, saat dirinya masih duduk di bangku perkuliahan kerap membaca tulisan Guru Besar Sejarah Fakultas Adab ini.

Dalam tulisannya, kata dia, almarhum menggambarkan bagaimana demokrasi-demokrasi Islam dan Indonesia menjadi acuan bagi negara-negara demokrasi lainnya.

Tulisan itu, sambung AHY, begitu berharga khususnya bagi Indonesia yang memiliki karakter masyarakat yang beragam dengan nilai Keislaman dan demokrasi yang baik dan bermartabat.

“Jadi sekali lagi kita semua kehilangan, berduka atas tokoh cendikiawan muslim Indonesia yang begitu melegenda berpulangnya tokoh salah satu muslim cendikiawan indonesia semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadah kebaikannya,” ujarnya.

“Dan kepada keluarga yang ditinggalkan semoga diberikan kesabaran ketabahan, kelapangan jiwa semoga bisa melewati masa-masa sulit ini,” lanjut AHY.

Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Sebut BLT Era SBY Sukses, BLT dapat menjadi penyangga utama daya beli masyarakat. Jumat (16/9/2022)
Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) Sebut BLT Era SBY Sukses, BLT dapat menjadi penyangga utama daya beli masyarakat. Jumat (16/9/2022) (Tangkap Layar Kompas Tv)

Lebih lanjut selain sedih, AHY mengatakan dirinya tidak menyangka akan kepergian Ketua Umum Dewan Pers ini.

Pasalnya Paetai Demokrat telah mengagendakan audiensi dengan Dewan Pers, termasuk almarhum pada pekan ini.

“Saya juga sangat-sangat sedih karena sebetulnya sudah diagendakan saya melakukan audiensi dengan dewan pers nasional termasuk dengan alm oleh karena itu saya kaget sekali mendengar beliau berpulang di Malaysia.”

“Jadi kami merasa kehilangan sekali,” kata AHY.

Diberitakan, berdasarkan pantauan News di lokasi, iring-iringan jenazah Ketua Dewan Pers Prof Azyumardi Azra dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada pukul 09.00 WIB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat