androidvodic.com

Kurikulum PAUD di Finlandia Tekankan Kebahagiaan Anak-anak - News

News, JAKARTA - Pakar pendidikan dari HAMK Hame University of Applied Sciences Prof Mari Paulina Kornohen mengatakan pendidikan anak usia dini (PAUD) harus memperhatikan kebahagiaan anak-anak.

Guru PAUD, menurut Mari, harus memiliki kepedulian kepada anak-anak didiknya.

"Apa yang paling penting dimiliki oleh guru PAUD adalah kepedulian pada anak, terutama kebahagiaan anak," ujar Mari melalui keterangan tertulis, Sabtu (8/10/2022).

Hal tersebut diungkapkan oleh Mari dalam pembukaan KIPINA Bekasi, di Bekasi, Jawa Barat.

Kurikulum induk di Finlandia, kata Mari  menekankan pentingnya kebahagiaan anak-anak.

Kebahagiaan anak, menurut Mari, sangat penting karena menentukan perjalanan pembelajaran anak di masa depan.

Menurutnya, anak yang bahagia di sekolah, akan belajar tanpa dipaksa.

"Paling penting adalah bagaimana guru perhatian pada anak dan pertumbuhan dan mereka dan perkembangan mereka," jelas Mari.

Baca juga: Ibu Negara Iriana Widodo Hadiri Penguatan Karakter PAUD di Tangerang

Sementara itu, Academic Director of KIPINA Worldwide, Jeannine Laubner, mengatakan, kurikulum pendidikannya memiliki enam area perkembangan, yakni literasi dan bahasa, numerasi, perkembangan fisik, perkembangan kognitif, kesadaran berbudaya serta perkembangan karakter dan keterampilan sosial.

"Dalam PAUD, peran tenaga pendidik menjadi sangat besar dalam menanamkan nilai karakter dan membentuk cara berpikir anak. Upaya tersebut dilakukan dengan membangun sistem pengembangan profesi pendidik secara internal," kata Jeannine.

CEO KIPINA Kids Indonesia Sudino Lim mengatakan pihaknya hadir membawa visi untuk menciptakan sistem pendidikan yang menghasilkan anak-anak sebagai pembelajar sepanjang hayat yang berbahagia.

"Selama dua tahun terakhir, walaupun di situasi pandemi, kami boleh berbangga diri bahwa KIPINA dapat berbagi sistem pendidikan ini dengan lebih dari 600 keluarga di Jabodetabek, bahkan untuk wilayah Gading Serpong dan Kelapa Gading pendaftaran sudah masuk kedalam waiting list karena antusiasme yang tinggi," jelas Sudino.

KIPINA Kids Indonesia telah memulai kiprahnya sejak 2020 dan tahun ini secara resmi melakukan pembukaan 4 sekolah mereka yang tersebar di berbagai wilayah Jabodetabek yaitu Gading Serpong, Kelapa Gading, Kemang serta sekolah terbaru di Bekasi. 
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat