androidvodic.com

Ketum Golkar Airlangga Hartarto Dukung Pengembangan Satelit Leo untuk Internet Merata di Indonesia - News

News - Dengan wilayah Indonesia yang begitu luas, pemerataan akses internet masih menjadi sebuah permasalahan yang perlu diselesaikan. Sebagai solusinya, Indonesia saat ini sedang menyiapkan low earth orbit satellite (LEO), yakni satelit yang mengelilingi bumi pada orbit yang berpusat dekat dengan Bumi. Uji coba peluncuran satelit orbit rendah bumi ini sendiri sudah dilakukan di Kalimantan Timur.

Menteri Koordinator bidang Perekonomian dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memperkenalkan Satelit LEO pada acara Indonesia Millennial and Gen-Z Summit Visionary Leaders 2022 di Jakarta, September lalu. Menurutnya, satelit orbit rendah bumi ini adalah salah satu terobosan teknologi Indonesia di bidang digital.

“Indonesia jadi yang pertama menggunakan low earth satelite di dunia. Nanti negara lain saya rasa akan ikut, sama seperti saat zaman Presiden Suharto, Indonesia jadi negara yang pertama kali menggunakan satelit,” sebut Airlangga.

Satelit LEO merupakan satelit yang bergerak di lingkaran orbit bumi yang rendah. Cara kerja satelit ini dinilai sangat cocok dengan kondisi indonesia yang luas dengan bentuk alam yang bergunung dan berbukit

Melalui penggunaan satelit ini, diharapkan seluruh daerah di Indonesia dapat terkoneksi dengan internet. Dengan adanya pemerataan internet, masyarakat yang terletak di daerah terpencil pun bisa ikut berkembang, mengakses informasi, serta mendapatkan pelayanan yang sama layaknya mereka yang berada di kota-kota besar.

Golkar akan terus mendorong agar akses internet dapat merata di seluruh daerah di Indonesia sehingga masyarakat di pelosok pun bisa mendapatkan manfaat dari internet, yang dapat menghilangkan jarak dan mendorong rakyat kecil untuk turut berkembang dan mencapai kesejahteraan.

Pemerataan internet ini pun diharapkan akan membuat Indonesia berkembang ke arah yang lebih baik dan meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat indonesia. Dukungan terhadap pengembangan satelit LEO dan pemerataan internet merupakan bukti bahwa Golkar bekerja nyata untuk membuat Indonesia terhubung.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat