androidvodic.com

Ahmad Ali: Kalau Golkar 'Naksir' Anies Baswedan, Nasdem Siap Gabung KIB - News

News, JAKARTA - Partai NasDem tidak menutup kemungkinan untuk bergabung dengan partai politik manapun termasuk ke dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang diusung Golkar, PAN dan PKB.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali yang merespons soal diundangnya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ke acara HUT Partai Golkar.

Padahal kita ketahui, sejauh ini baru Partai NasDem yang mengeluarkan sikap untuk mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (Bacapres) 2024 mendatang.

Bahkan, jika memang dalam rangkaian puncak acara HUT yang digelar malam nanti Golkar mengumumkan Anies Baswedan sebagai Bacapres juga, maka kemungkinan dalam waktu dekat NasDem akan merapat ke partai berlogo pohon beringin itu.

"Jadi kalau KIB hari ini sudah cukup perahunya terus kemudian Anies sebagai salah satu calon (presiden) potensial, ga papa NasDem yang bergabung dengan KIB juga ga masalah buat kami kok," kata Ali saat dihubungi News, Jumat (21/10/2022).

"Yang penting bagi kami itu Anies jadi Presiden, wakilnya nanti orang yang pas menurut dia (Anies Baswedan)," sambungnya.

Tak kalah penting kata Ali, di dalam koalisi nantinya perlu adanya keselarasan visi misi dalam mengusung Capres maupun Cawapres.

Jangan sampai, setiap partai yang ada di koalisi itu mengedepankan ego dengan bersikukuh untuk mencalonkan kader yang ada di partainya.

Sebab jika keinginan itu tidak terpenuhi maka khawatirnya akan terjadi politik transaksional yang mencederai demokrasi bangsa.

Baca juga: Puncak HUT ke-58 Partai Golkar, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo Diundang

"Tidak boleh kemudian berpikir bahwa orang yang paling pas menjadi calon presiden adalah orang partai, itu bisa diskriminatif kan, itu namanya penyalahgunaan mandat yang diberikan negara," kata Ali.

Namun sejatinya, sejauh ini NasDem kata Ali masih membuka peluang untuk bergabung dengan partai manapun yang memang selaras untuk mendorong Anies Baswedan maju sebagai Calon Presiden 2024.

"Saya sudah bilang kalau dalam pertemuan itu (HUT Golkar) kemudian KIB menawarkan Anies bergabung dan memenuhi syaratnya NasDem, ya NasDem gabung dengan mereka gapapa kok, yang penting calon presidennya Anies, ya iya dong terbuka" tukas Ali.

Sebelumnya, Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikabarkan bakal hadir dalam acara Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Golkar ke-58, Jumat (21/10/2022) malam nanti.

Terkait undangan terhadap Anies itu, NasDem selaku satu-satunya partai yang sudah mendeklarasikan Anies menjadi calon presiden 2024 memberikan respons.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat