androidvodic.com

Hari Sumpah Pemuda, Badko HMI Jabodetabeka-Banten: Pemuda Bisa Lebih Ambil Peran Strategis - News

News, JAKARTA -- Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Jabodetabeka-Banten berharap Sumpah Pemuda jadi momen untuk refleksi pemuda Indonesia.

Ketua Umum Badko HMI Jabodetabek-Banten, M. Adhiya Muzakki memaparkan, agenda mengusung tema: "Peran Pemuda Menuju Satu Abad Indonesia".

Hal tersebut bertujuan untuk refleksi sekaligus mencari formula yang tepat untuk pemuda dalam rangka menjawab persoalan keumatan dan kebangsaan yang ada di Indonesia.

"Di usia bangsa Indonesia yang sudah menginjak 77 tahun ini, diharapkan Indonesia Mampu Berdaulat dalam politik, mandiri dalam ekonomi dan berkepribadian dalam budaya merupakan cita-cita luhur dan arah perjalanan bangsa Indonesia," ujar Adhiya kepada wartawan, Sabtu (29/10/2022).

Disampaikan saat diskusi publik dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda, di Dualitas Cafe, Tebet, Jakarta Selatan. Adhiya menambahkan, sejatinya pemuda Indonesia harus terlibat aktif dalam mengambil peran-peran strategis untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Dalam lintasan sejarah Bangsa, kata Adhiya, anak muda telah terbukti memberikan kontribusinya dalam panggung sejarah nasional. Menurutnya semua peristiwa besar di Indonesia selalu dimotori oleh gerakan anak muda.

Baca juga: Raker Badko HMI Jabodetabek-Banten, Kader Diharapkan Jadi Agent of Control

"Fakta bahwa gerakan anak muda selalu menjadi aktor utama dalam lintasan perubahan bangsa kita, bahkan sejarah dunia sekalipun. Pada peringatan sumpah pemuda ini, kita kembali diingatkan bahwa kita sebagai anak muda harus mampu menjawab tantangan zaman," tuturnya.

Selain itu, lanjut Adhiya, pihaknya juga mendorong pemerintah untuk dapat memanfaatkan momentum G20 tidak hanya berorientasi pada statistik pertumbuhan ekonomi saja melainkan juga melaksanakan amanah konstitusi untuk pemerataan dan kesejahteraan ekonomi.

"Kami juga mendorong stimulus ekonomi kerakyatan secara transparan, tepat sasaran dan berkeadilan," kata Adhiya.

Apa yang disampaikan oleh Adhiya, selaras dengan visi misi “Trias Badko HMI Jabodetabek-Banten” yaitu politik, ekonomi dan digitalisasi. Visi itulah yang akan menjadi fokus pengurus Badko HMI Jabodetabek-Banten selama satu periode ke depan.

Untuk diketahui, kegiatan ini diinisiasi oleh Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan dan Kepemudaan (PTKP) Badko HMI Jabodetabeka-Banten.

Baca juga: Ketum Badko HMI Jabodetabek-Banten Fokus Sektor Ekonomi, Politik, dan Digitalisasi

Agenda tersebut menghadirkan narasumber diantaranya; Ajib hamdani (Ketua Komite Kebijakan Ekonomi Apindo), Cut Emma Mutia Ratna Dewi (Konsultan Bisnis & Enterpreneurship) dan Ali Nursahid (Tenaga Ahli Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK)).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat