androidvodic.com

Big Data Bisa Dimanfaatkan untuk Petakan Potensi Pendidikan Tinggi - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Big data analysis pada sektor pendidikan tinggi dapat menganalisa minat, potensi mahasiswa, prediksi karir mahasiswa, hingga prediksi program studi yang prospektif.

Direktur Utama PT IndoSterling Technomedia Tbk (TECH) Billy Andrian menilai Kemendikbudristek dan perguruan tinggi dapat memanfaatkan big data ini.

Dirinya mengatakan optimalisasi big data merupakan bagian penting dalam transformasi digital di sektor pendidikan.

'Ini bisa menjadi solusi untuk mengurangi kesenjangan kompetensi lulusan perguruan tinggi dengan ekspektasi dunia industri,” ujar Billy melalui keterangan remis, Rabu (2/11/2022).

Menurut Billy, agar memberikan manfaat optimal, digitalisasi sektor pendidikan tinggi tak bisa hanya berhenti di sistem pembelajaran online.

Digitalisasi juga harus mencakup manajemen sistem administrasi di kampus hingga sistem pelaporan kampus ke Kemendikbudristek.

Baca juga: Perguruan Tinggi Terapkan Metaverse, Hasil Inovasi Pembelajaran dalam MBKM Kemendikbudristek

"Jadi, digitalisasinya dari hulu ke hilir," kata Billy.

Percepatan digitalisasi kampus ini menyebar luas ke berbagai wilayah Indonesia setelah PT IndoSterling Technomedia Tbk berkolaborasi dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi).

Program Digitalisasi 1.000 Kampus mengoptimalkan pemanfaatan Edufecta, sebuah platform teknologi pendidikan.

Edufecta merupakan inovasi digital yang dikembangkan IndoSterling Technomedia.

CEO Edufecta Ucu Komarudin menambahkan, kampus bisa menggunakan big data untuk memahami pengalaman belajar mahasiswa. Ini menjadi basis bagi dosen untuk membuat skema pembelajaran yang lebih efektif.

“Termasuk modifikasi sistem pendidikan agar mahasiswa bisa mendapatkan manfaat optimal dalam proses belajar,” jelasnya.

Big data yang merekam proses belajar mahasiswa juga memungkinkan dosen atau kampus memahami pencapaian mahasiswa baik secara individu maupun kolektif.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat