androidvodic.com

BNPB: Sarana Pendidikan dan Rumah Ibadah yang Rusak akan Didanai Pembangunannya - News

News, CIANJUR - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengatakan selain mengganti rumah warga Cianjur yang rusak akibat gempa bumi, pemerintah juga akan melakukan penggantian terhadap sarana pendidikan dan rumah ibadah melalui kementerian terkait.

"Sarana-sarana yang lain seperti pendidikan, masjid, madrasah yang rusak, itu juga akan dibangun kembali," kata Suharyanto, dalam konferensi pers di Pendopo Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

Nantinya, untuk sarana pendidikan seperti sekolah, kata dia, akan dibangun melalui dana yang digelontorkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Sedangkan bangunan rumah ibadah yang rusak akan mendapatkan bantuan dari Kementerian Agama agar bisa digunakan kembali oleh warga sekitar untuk beribadah.

"Jadi sarana pendidikan (yang rusak akan kembali dibangun) oleh Kementerian Pendidikan, kemudian madrasah dan masjid oleh Kementerian Agama," jelas Suharyanto.

Sebelumnya, gempa bumi berkekuatan 5,6 skala richter mengguncang Cianjur, Jawa Barat pada Senin kemarin dan menyebabkan korban jiwa serta kerusakan infrastruktur.

Baca juga: Gempa Cianjur, Wapres Instruksikan Ridwan Kamil Lakukan Tanggap Darurat Secara Cepat

Berdasar data sementara yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur per Senin kemarin, pukul 21.00 WIB, korban meninggal mencapai 162 jiwa.

Sedangkan korban luka ringan mencapai 362 orang dan luka berat sebanyak 2.345 orang, lalu pengungsi mencapai lebih dari 13.400.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat