androidvodic.com

Kirab Obor Pospenas 2022 Dilepas Menuju Surakarta, Rencana Diterima Wali Kota Solo Gibran Rakabuming - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Kirab Obor Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (Pospenas) IX Tahun 2022 diberangkatkan dari Grobogan, Jawa Tengah, pada Senin (21/11/2022). 

Kirab obor ini menandai akan dimulainya Pospenas 2022 yang dijadwalkan terselenggara di Kota Surakarta pada 23-27 November 2022. 

Api obor Pospenas diambilkan dari Api Abadi Mrapen, Grobogan dan diarak menuju Surakarta, lokasi Pospenas digelar.

Pelepasan obor api Pospenas ini dilakukan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin bersama Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama (Kemenag), Waryono Abdul Ghafur. 

“Semoga acara ini dapat memberi spirit kebaikan bagi santri seluruh Indonesia,” kata Gus Yasin dalam keterangannya, Senin.

Baca juga: Seorang Santri Selamat Usai 4 Jam Tertimbun Bangunan Minimarket, Sedang Belanja saat Gempa Cianjur

Sementara Kemenag menerangkan bahwa keberadaan pesantren telah menjadi agen moderasi beragama. Sehingga sudah sewajarnya pemerintah memberi ruang ajang nasional yang bisa memicu prestasi pesantren di segala bidang.

Ia berharap, gelaran Pospenas tahun ini dapat lebih meriah dan menghasilkan bibit-bibit unggul dalam olahraga dan seni yang mendukung khazanah keislaman.

"Pesantren adalah elemen penting dalam sistem pendidikan nasional dan menjadi perekat persatuan bangsa," terang Waryono.

Sebagai informasi, Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren tingkat Nasional (Pospenas) Tahun 2022 akan diikuti ratusan perwakilan pondok pesantren dan memperebutkan 312 tropi dari 9 cabang olah raga dan seni, mulai dari atletik, sepak bola, hingga stand up commedy.

Nantinya rombongan kirab obor Pospenas 2022, menurut rencana akan diterima oleh Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, di Balai Kota Surakarta, pada Selasa (22/11/2022).

Sedangkan pembukaan gelaran Pospenas 2022 akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 23 November 2022, di Stadion Manahan, Kota Surakarta. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat