androidvodic.com

VIDEO Momen Jokowi Tinjau Jalan Tertimbun Longsor di Cianjur: Minta Buka Akses yang Tertutup - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di  Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (22/11/ 2022).

Jokowi meninjau lokasi longsor yang sempat menutup Jalan Raya Cipanas.

Presiden diddampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati, serta Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Dudung Abdurahman, dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Akses jalan nasional tersebut sempat tertimbun longsoran tanah akibat guncangan gempa magnitudo 5,6 pada Senin (21/11/2022) kemarin.

Berdasarkan siaran langsung facebook TribunJabar, sejumlah alat berat telah dikerahkan untuk membuka jalan nasional tersebut.

Kondisi jalan pun terlihat sudah bersih dari tumpukan tanah maupun puing-puing longsor.

"Pertama atas nama pribadi dan pemerintah, saya menyampaikan duka cita yang mendalam, belasungkawa, atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, di Jawa Barat," kata Jokowi seperti dikutip dari live streaming Facebook TribunJabar.

Sejak terjadinya gempa bumi yang mengguncang Cianjur pada Senin lalu, Jokowi mengatakan langsung memerintahkan kepada jajaran kementerian/ lembaga dan instansi terkait untuk mengerahkan pasukan membantu musibah gempa bumi di Cianjur.

Para pihak diminta segera membantu korban musibah gempa bumi, dan pembukaan akses jalan yang tertutup longsoran tanah.

"Kemarin langsung saya perintahkan kepada Menko PMK, BNPB, Basarnas dan juga disampaikan juga ke TNI dan Polri, Kementerian PUPR untuk bersama-sama mengerahkan jajarannya dalam membantu musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur utamanya yang berkaitan dengan akses, pembukaan akses yang terkena longsor," jelas Jokowi.

Beri Bantuan Perbaikan Rumah

Jokowi meninjau korban gempa di  Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada Selasa (22/11/ 2022).

Presiden ke Cianjur untuk memastikan korban gempa mendapatkan penanganan yang memadai.

Dalam peninjauan tersebut, Presiden meminta proses evakuasi korban didahulukan.Terutama korban korban yang masih tertimbun reruntuhan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat