androidvodic.com

Ini Alasan Roberth Rouw Tertawa Lihat Kepala BMKG Sembunyi di Bawah Meja saat Gempa Cianjur - News

Laporan Reporter News,  Reza Deni

News, JAKARTA - Wakil Ketua Komisi V DPR RI, Roberth Rouw, menjelaskan alasan dirinya tertawa ketika Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati bersembunyi di bawah meja saat gempa Cianjur mengguncang hingga Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Roberth menegaskan, dirinya tidak sedang menertawakan Dwikorita, melainkan ia dan anggota dewan lain yang tidak ikut turun bersembunyi di bawah meja sebagai langkah mitigasi.

"Yang saya ketawai itu kita (anggota DPR)," kata Roberth Rouw saat rapat Komisi V DPR, Selasa (22/11/2022).

Saat itu, dikatakan Roberth, tak hanya para anggota Komisi V yang tidak ikut turun bersembunyi di bawah meja layaknya Dwikorita.

"BMKG semua di atas, apalagi kami anggota. Kami enggak tahu, ternyata begitu Ibu Ketua (Kepala BMKG) sampaikan, ini harus turun, saya kan bilang benar," kata Ketua Fraksi NasDem di DPR RI itu.

Baca juga: Pimpinan DPR Buka Suara Sikap Roberth Rouw yang Tertawa Merespons Gempa Cianjur: Bukan Kesengajaan

Adapun soal tak ikutnya anggota DPR bersembunyi di bawah meja, Roberth mengatakan bahwa mereka karena tidak tahu hal itu adalah mitigasi bencana ketika gempa terjadi.

"Ternyata, saya tertawa, ternyata kami ini enggak tahu. Jangankan kami anggota dewan, yang di belakang sana juga tidak ada satu pun yang ikut turun," kata Roberth.

Roberth lantas mengapresiasi Dwikorita yang sudah menyampaikan langkah mitigasi dengan bersembunyi di bawah meja ketika gempa.

"Ibu kepala (Dwikorita) ini betul-betul, dia taat terhadap apa yang menjadi konsen di dalam selalu BMKG menyampaikan bagaimana tindakan-tindakan untuk menghadapi gempa, terutama di dalam gedung, ya kan," kata Roberth.

Namun, ia meminta BMKG menginformasikan tidak hanya kepada masyarakat soal mitigasi bencana, tetapi juga anggota Dewan.

Baca juga: Gempa Susulan di Cianjur Terus Terjadi, Dosen Teknik Geologi: Bukan dari Sesar Cimandiri

"Tolong BMKG, ini juga harus disampaikan kepada kami. Ini menjadi suatu catatan kita, ketua untuk juga sampaikan kepada Pamdal kita di DPR ini untuk ketika gempa seperti apa, supaya TA (Tenaga Ahli), sekretariat di gedung DPR ini tahu seperti apa yang harus dilakukan," tandasnya.

Sebelumnya, Roberth Rouw menjadi perbincangan warganet seusai videonya di rapat dengar pendapat dengan Kepala BMKG dan Kepala Basarnas viral di media sosial.

Legislator Partai NasDem ini dinilai menganggap enteng guncangan gempa saat memimpin rapat pada Senin (21/11/2022) siang.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat