androidvodic.com

Kompetisi Robotik Madrasah 2022, Bocah 15 Tahun Ini Ciptakan Robot Pemilah Sampah Otomatis - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) resmi menggelar Kompetisi Robotik Madrasah 2022 di Gedung Olahraga Universitas Negeri Yogyakarta, pada 22-23 November 2022.

Sebanyak 180 robot beradu pintar pada ajang tersebut. Salah satu robot karya inovasi madrasah yang mencuri perhatian adalah Folium Bot, robot pembersih jalan raya karya dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Malang, Kaevlin Fadia Taqia (15) dan Givan Chiragia Rahman (15).

Robot ini diberi sebutan Mesin Penyapu Sampah Jalanan Mandiri Berbasis Deep Learning.

Robot ini bekerja layaknya truk sampah namun dapat memungut sendiri sampah organik yang terserak di jalanan dan menyedotnya dengan vacuum. 

Namun inovasi robot ini adalah ia bisa mengenali jenis-jenis sampah dan mampu menganalisa tantangan di hadapannya. Untuk dapat mengenali objek, Folium Bot menginderanya dengan kamera dan sensor untrasonik. 

Pengembang robot ini, Kaevlin Fadia Taqia mengatakan robot tersebut mereka kembangkan selama dua bulan sebelum ditampilkan dalam kompetisi.

“Kami mengembangkannya selama 2 bulan, sebelum tampil di sini,” kata Kaevlin, Kamis. 

Sementara Ghivan menyebut bahwa robot yang mereka buat juga dapat menjadi alternatif solusi bagi persoalan kemanusiaan di masa mendatang.

Baca juga: Kemenag Gelar Kompetisi Robotik 2022, Libatkan 180 Robot Karya Madrasah

“Kami sebagai generasi muda merasa bertanggung jawab atas masalah lingkungan. Sehingga kami berinisiatif membuat inovasi yaitu Folium Bot,” ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat