androidvodic.com

Pimpinan DPR Pastikan Uji Kepatutan Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI Tak Digelar Pekan Ini - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Pimpinan DPR memastikan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) Laksamana Yudo Margono sebagai calon Panglima TNI tak digelar pekan ini.

Hal itu dipastikan Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad, menanggapi waktu pelaksanaan fit and proper test calon panglima TNI.

Dacso mengungkapkan, pihaknya sedang menyesuaikan waktu untuk menggelar rapat pimpinan (rapim) setelah menerima surat presiden (surpres) calon panglima TNI.

"Jadi saya sampaikan bahwa Bamus (Badan Musyawarah) itu harus didahului dengan rapim. Nah sementara, rapim ini akan dilaksanakan kalau memenuhi kuorum. Nah, ini sedang mencari kecocokan waktu dari para pimpinan DPR yang memang sedang ada kegiatan," kata Dasco di Kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Setelah diadakan Rapim, maka pimpinan DPR akan membicarakan jadwal Bamus untuk menugaskan Komisi I DPR menggelat fit and proper test.

Baca juga: Pilihan Jokowi Ajukan Laksamana Yudo Margono Sebagai Calon Panglima TNI Dinilai Sangat Tepat

Sehingga, lanjut Dasco, rapim dan bamus soal surpres calon panglima TNI baru akan digelar pekan depan.

Artinya, kemungkinan Yudo Margono menjalani uji kepatutan di DPR pada pekan depan.

"Kita akan atur dan komunikasikan dengan Ibu Ketua serta pimpinan lain apakah memungkinkan itu minggu depan diadakan rapim dan bamus untuk menugaskan komisi teknis, dalam hal ini Komisi I untuk melakukan kegiatan fit and proper sesuai dengan mekanisme yang ada," kata Dasco.

Baca juga: Komisi I DPR Rencanakan Gelar Uji Kepatutan Yudo Margono sebagai Calon Panglima TNI Rabu Besok

"Kalau pekan ini sudah tidak mungkin. Karena sekarang kan sudah Selasa sekarang. Kamis itu kelihatannya enggak ada rapim sama bamus. Kira-kira begitu," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat