androidvodic.com

Survei Indopol: Kepercayaan Publik Terhadap Polri Sudah Mulai Membaik - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Temuan survei terbaru Indopol Survei November 2022 ini adalah adanya tren kenaikan kepercayaan public terhdap Polri yakni 60,98 persen, di mana pada sekitar 3 bulan sebelum berada di bawah 60 persen dari beberapa rilis survei.

Direktur Eksekutif Indopol Survei Ratno Sulistiyanto memaparkan faktor-faktor yang menyebabkan membaiknya kepercayaan publik terhadap Polri.

Faktor pertama adalah ada beberapa kasus hukum yang sudah ditangani oleh Polri dengan cepat dan baik seperti kasus Sambo, kasus Teddy Minahasa maupun kasus Kanjuruan.

Kedua Polri menunjukkan pembenahan dan perbaikan secara internal melalui program-program untuk mengurangi persepsi publik yang negatif.

"Seperti memberantas pungutan liar di layanan publik kepolisian seperti dalam pengurusan SIM dan STNK secara online maupun pengurusan SKCK, selain itu adanya ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement) yaitu tilang eketronik yang merupakan program untuk mengurangi tindakan tilang ditempat jika ada pelanggran lalu lintas dengan harapan tidak adanya pungli," katanya dalam keterangan tertulis, Selasa (29/11/2022).

Baca juga: Kasus Sambo Belum Tuntas, Pengangkatan Irjen Andi Rian Jadi Kapolda Kalimantan Selatan Dikritik

Adapun survei dilakukan pada 8 sampai 14 November 2022. Populasi survei adalah penduduk Indonesia yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia, dengan kriteria responden mereka yang berumur 17 tahun atau sudah menikah yang memiliki hak pilih dalam pemilu.

Pengambilan sampel dengan cara multistage random sampling. Responden berjumlah 1240 tersebar secara proporsional di 34 provinsi.

Responden yang berhasil diwawancarai secara valid sebesar 1230, jumlah 1230 ini kemudian dilakukan analisis. Margin of error dengan jumlah sample 1230 adalah sebesar ± 2.85 persen, pada tingkat kepercayaan 95%.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat