androidvodic.com

Kemenag Sebut Ciri-ciri Orang Moderat, Diantaranya Adaptif Terhadap Tradisi Lokal - News

News, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama RI Nizar Ali mengungkapkan empat indikator seseorang dikatakan moderat.

Nizar menuturkan bahwa indikator pertama seseorang  moderat yakni memiliki komitmen kebangsaan.

"Indikatornya ada empat yakni pertama komitmen kebangsaan, apabila ada orang nilai kebangsaannya cinta tanah airnya minim termasuk ke dalam kategori tidak moderat atau radikal," kata Nizar dalam sambutan daring Media Gathering Berspektif Moderasi Beragama di Megamendung, Bogor, Jumat (9/12/2022) malam.

Kemudian Nizar menyebutkan jika ada orang yg ingin mengganti ideologi negara dengan ideologi lain atau khilafiah. Komitmen kebangsaan orang tersebut patut dipertanyakan.

Ciri-ciri selanjutnya seseorang moderat menurut Nizar toleransi. Orang-orang yang tidak toleran atau intoleran ditegaskan juga masuk ke dalam konteks ekstremis.

"Ketiga adalah anti kekerasan. Jadi kalau ada cara-cara kekerasan dalam konteks menyelesaikan persoalan berarti itu adalah kelompok radikal tidak toleran.

Lalu yang terakhir ciri-ciri seseorang dikatakan moderat menurut Nizar yakni adaptif terhadap terhadap tradisi lokal.

Baca juga: KPAI Ungkap Penyebab Anak-anak Mudah Berperilaku Intoleran hingga Terpengaruh Paham Radikal

"Jika ada orang-orang yg tidak ramah terhadap tradisi lokal menolak tradisi lokal. Maka ia masuk ke dalam intoleran," tutupnya.
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat