androidvodic.com

Kiprah Evani Jesslyn, Mengkurasi Ragam Kopi Nusantara Mendirikan Sekolah Barista hingga Kafe - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

News, JAKARTA - Evani Jesslyn sejak lama menyukai dunia kopi. Dia amat menggemari citarasa beragam jenis kopi yang dihasilkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Kecintaannya pada kopi membawanya berkiprah lebih jauh, melakukan kurasi ragam jenis kopi Nusantara hingga mendirikan sekolah barista lalu mengelola kafe yang menyajikan olahan biji kopi pilihan dari Tanah Air sejak sepuluh tahun lalu di Semarang.

Evani Jesslyn menuturkan, dirinya sangat memahami bahwa semua biji kopi yang dihasilkan dari Indonesia sangat diminati konsumen mancanegara.

Ini berkat letak geografi Indonesia yang beragam sehingga mampu menjadikan banyak ragam pilihan kopi dengan cita rasa berbeda.

Hal inilah yang mendorong Evani Jesslyn sebagai pemilik Strada Coffee tergerak melakukan kurasi ragam kopi terbaik di Nusantara.

Baca juga: Promo Minuman pada Desember 2022: Janji Jiwa, Street Boba, dan Kopi Kenangan

Dia juga mendirikan CoffeeAcademy agar para barista hingga para petani kopi di Tanah Air dapat mengolah untuk menghadirkan kopi yang tak kalah dengan rasa dan kualitas kopi impor.

Ketertarikan Evani Jesslyn terhadap kopi membawa dirinya untuk lebih dalam memahaminya dengan belajar tentang kopi di berbagai negara, bagaimana cara membudidayakan hingga mengolahnya.

Talenta dan pemahamannya pada dunia kopi menjadikan dirinya sebagai Juara Pertama Cupping di kompetisi Barista Farmer di Brasil tahun 2016. Saat itu Evani menjadi satu-satunya perwakilan dari Asia, untuk bersaing dengan 9 juara Barista lainnya dari seluruh dunia.

“Banyak kopi terbaik di Indonesia diekspor, dan hal ini tak banyak diketahui oleh masyarakat yang gemar meminum kopi. Sehingga penting bagi saya dalam mengelola Strada Coffee mengumpulkan kopi terbaik tersebut disajikan lokal," tuturnya.

Evani mengaku dirinya juga memberikan pelatihan kepada para petani sampai ke para barista agar kopi yang dinikmati sesuai dengan keinginan dan ekspektasi para penggemar kopi.

Evani Jesslyn tertantang lebih serius terjun di dunia kopi dengan mendirikan Strada Coffee di di salah satu sudut jalan di Jl. Letnan Jenderal S. Parman, Gajahmungkur, Kota Semarang, pada tahun 2012.

Kiprahnya ini terdengar hingga ke Istana Negara di Jakarta. “Saya diperkenankan untuk menyajikan kopi-kopi terbaik di Indonesia kepada Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sebanyak dua kali," ujarnya bangga.

Yang pertama di Istana Bogor tahun 2017 pada hari kopi International. Saat itu dia dipercaya menyajikan kopi Toraja dan Jawa. "Yang kedua kali di Jakarta, saya menyajikan kopi-kopi Indonesia hasil produksi saya seperti kopi dari Papua, Bali, dan lain-lain,” ujar Evani.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat