androidvodic.com

Cuaca Besok - BMKG: 31 Wilayah Berpotensi Terjadi Hujan Lebat pada Minggu, 18 Desember 2022 - News

News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah merilis peringatan dini cuaca ekstrem besok, Minggu (18/12/2022).

Dilansir laman resmi BMKG, Bibit Siklon Tropis 98S terpantau di Samudera Hindia sebelah barat daya Bengkulu.

Sistem ini bergerak ke arah selatan dan menginduksi daerah peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 kt (low-level-jet) di sekitar Samudera hindia Barat Daya Bengkulu, serta membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) di Samudera Hindia Barat Daya Bengkulu.

Bibit Siklon Tropis 98B terpantau di Samudera Hindia sebelah Barat Aceh.

Baca juga: Prakiraan Hujan di Indonesia, Minggu 18 Desember 2022, BMKG: Sulawesi Selatan Potensi Hujan Lebat

Sistem ini bergerak ke arah barat dan membentuk daerah konvergensi dari Sumatera Utara hingga Aceh.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah bibit siklon tropis dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Sirkulasi Siklonik terpantau di Laut Natuna, di Perairan Utara Halmahera, dan di Laut Arafuru bagian barat yang membentuk daerah konvergensi memanjang di Laut Banda dan di Laut Timor.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Sumatera Utara, di pesisir selatan Jawa Barat-Jawa Tengah, di Kalimantan Tengah, di Kalimantan Utara, di Sulawesi Selatan, di NTB, di Maluku dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang pada Minggu, 18 Desember 2022 hingga Senin, 19 Desember 2022:

Baca juga: Prakiraan Cuaca BMKG Jawa Barat Minggu, 18 Desember 2022: Cianjur Hujan Sedang, Lembang Berawan

Minggu, 18 Desember 2022

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

• Aceh

• Sumatera Utara

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat