androidvodic.com

Program REHAB, Kemudahan Yahya Angsur Tunggakan Iuran JKN Secara Bertahap - News

News – Program REHAB atau Rencana Pembayaran Bertahap dari BPJS Kesehatan memberikan angin segar bagi peserta JKN terutama pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau Mandiri yang mempunyai tunggakan iuran JKN lebih dari 3 bulan.

Salah satu peserta JKN yang merasakan kemudahan Program REHAB, Yahya Syamsudin (39) merasa sangat terbantu dapat mengangsur setiap bulannya tunggakan iuran JKN miliknya dan keluarga.

“Sewaktu menjadi peserta JKN pada segmen mandiri kemarin, kami sempat memiliki tunggakan iuran JKN karena lupa atau terlewat. Lalu seiring waktu, setelah mengecek kepesertaan pada Aplikasi Mobile JKN ternyata kami sudah teralihkan dalam segmen Peserta Bantuan Iuran (PBI) dari pemerintah pusat. Alhamdulillah, dibantu iuran JKN kedepanya tapi karena saya merasa punya tunggakan kemarin yang belum dilunasi dan itu kewajiban, saya cari-cari informasi, ternyata tunggakan kemarin bisa diangsur dengan Program REHAB,” ceritanya, Selasa (18/10/2022), dikutip dari Tribunnews.

Melalui Aplikasi Mobile JKN, Yahya telah mendaftarkan diri dalam Program REHAB dan kini dapat mengangsur tunggakan iuran JKN miliknya dan keluarga sampai Juni 2023.

Ia pun merasa sangat dimudahkan kepengurusan terkait Program JKN dengan adanya Program REHAB tersebut sehingga dapat meringankan beban ia dan keluarga untuk membayar tunggakan secara bertahap.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya Program REHAB ini, karena jika diharuskan untuk lunasi langsung tunggakan kemarin saya belum mampu, jadi dengan adanya kemudahan untuk cicil secara bertahap ini kami merasa terbantu. Sehingga keperluan lainnya untuk keluarga juga tidak terganggu,” tambahnya.

Yahya juga menambahkan merasakan kemudahan dari adanya Aplikasi Mobile JKN yang memiliki berbagai fitur yang bermanfaat untuk administrasi kepesertaan JKN tanpa perlu repot-repot lagi ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Jadi lebih tenang, bisa mengecek banyak hal tentang kepesertaan JKN hanya lewat smartphone tanpa perlu jauh-jauh ke Kantor BPJS Kesehatan. Seperti status kepesertaan kami, lalu berapa tunggakannya, sangat berguna,” tutupnya sembari menunjukkan aplikasi Mobile JKN miliknya. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat