androidvodic.com

Korlantas Polri Prediksi Puncak Arus Mudik Perayaan Nataru Terjadi 23 Hingga 24 Desember 2022 - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Korlantas Polri memprediksi puncak arus mudik hingga arus balik saat perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 terjadi sejak 23 hingga 24 Desember 2022 hari ini.

"Sesuai prediksi yang kita lakukan berdasarkan beberapa masukan dari stakeholder, jadi puncak arus (mudik) terjadi pada 23-24 Desember," kata Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan kepada wartawan di kantor Korlantas Polri, Jakarta, Sabtu (24/12/2022).

Meski begitu, Aan mengatakan dari pantauan petugas di lapangan, mobilitas kendaraan saat puncak arus mudik sampai sejauh ini belum terlihat.

"Tapi tadi malam sampai dini hari tidak terjadi, bangkitan yang signifikan. Mungkin hari ini, kta tetap akan mengantisipasi," jelasnya.

Baca juga: Satgas Nataru Pertamina Telah Siaga di Jalur Strategis dan Wisata Aceh

Antisipasi yang dilakukan pihak kepolisan yakni dengan melihat mobilitas arus kendaraan dari arah Timur menuju Barat, termasuk di tempat wisata seperti kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat.

"Mudah-mudahan puncak arus ini tidak signifikan. Karena kalau kita lihat data sejak kemarin. Libur anak-anak sekolah ada sudah peningkatan arus, mudah-mudahan sudah terbagi untuk keberangkatannya," jelasnya.

Aan melanjutkan, untuk puncak arus balik, pihaknya memprediksi masyarakat akan memulai mobilitas pada 1 Januari 2023 mendatang.

Aan mengatakan pihaknya telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas jika terjadi kepadatan kendaraan saat puncak arus balik nanti.

"Nanti kita antisipasi untuk kembalinya (puncak arus balik), kemungkinan serentak untuk tanggal 1 (Januari 2023) nantinya," ucap Aan.

166 Personel Polri Amankan Nataru

Sebelumnya, setidaknya 166 ribu personel Polri bakal diterjunkan untuk pengamanan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023. Nantinya, ribuan personel itu bakal bergerak dalam Operasi Lilin.

Hal itu diungkapkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo seusai rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral tingkat menteri pada Jumat (16/12/2022).

"Saya kira secara menyeluruh 166 ribu orang yang nanti akan diturunkan untuk melaksanakan kegiatan pengamanan di kepolisian disebut dengan operasi lilin," kata Sigit di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (16/12/2022).

Baca juga: Mudik Natal dan Tahun Baru Waspadai Tiga Titik Rawan Bencana Ini di Tol Cipali

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat