androidvodic.com

Isu Reshuffle Kabinet Menguat: Siapa Saja Menteri yang Aman dan Rawan Terdepak dari Kabinet? - News

News, JAKARTA - Rumor perombakan kabinet alias reshuffle oleh Presiden Jokowi kembali membuncah.

Kali ini sinyal adanya reshuffle justru datang dari Presiden Jokowi, meski dirinya tidak secara gamblang menyebutkan kapan hal itu terjadi.

Sinyal itu disampaikan Jokowi usai meresmikan Bendungan di Kabupaten Bogor, Jumat, (23/12/2022) lalu.

“Mungkin (reshuffle),” kata Presiden ketika itu,

Hanya saja Presiden tidak menyebutkan kapan reshuffle tersebut akan dilakukan, apakah akhir tahun 2022 atau awal 2023.

“Ya nanti,” katanya.

Santer beredar bahwa yang direshuffle kali ini adalah tiga menteri Nasdem: Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo; Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar dan Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate.

Desakan mendepak Nasdem dari kabinet menguat setelah keputusan Partai NasDem mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Sejumlah kelompok pendukung Jokowi tak suka NasDem mendukung sosok yang dinilai bertentangan dengan Jokowi secara politik.

Bahkan Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyindir agar NasDem direshuffle sebab berkompromi dengan pihak yang dianggap mereka berseberangan dengan pemerintah.

NasDem juga dianggap melanggar etika pemerintah.

"Pak Jokowi akan menggunakan kewenangan penuh yang dimilikinya untuk melakukan evaluasi kepada menterinya yang tidak menjalankan perintah presiden. Terutama menteri yang melakukan antitesa dari visi dan misi presiden," ujar Hasto Kristiyanto.

Seandainya isu reshuffle yang akan dilakukan oleh Presiden Jokowi tersebut benar, maka hal ini merupakan keempat kalinya orang nomor satu di Indonesia ini merombak kabinet pada periode keduanya menjabat sebagai kepala negara.

Siapa Saja Menteri yang Rawan Terdepak?

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat