androidvodic.com

Ini Kata Ahli Hukum Pidana soal Hasil Tes Poligraf yang Disampaikan di Persidangan Ferdy Sambo Cs - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Ahli Hukum Pidana sekaligus Guru Besar Hukum Pidana dari Universitas Andalas, Prof Elwi Danil menyebutkan bahwa hasil lie detector atau poligraf yang disampaikan di persidangan valid dijadikan barang bukti.

Keterangan tersebut dijelaskan Elwi Danil saat menjadi saksi A De Charge atau saksi yang meringankan hukuman dalam lanjutan sidang terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (27/12/2022).

"Tadi sudah saya singgung sedikit bahwa ada perbedaan pemahaman tentang dimana posisi lie detector dalam konteks pembuktian ada yang menyebutkan lie detector alat bukti dan barang bukti," kata Elwi di persidangan.

Baca juga: Ahli Pidana Sidang Ferdy Sambo Jelaskan Syarat Pelaku Dijerat Pasal 340: Minimal Penuhi 3 Unsur

Secara pribadi, menurut dia, lie detector hanyalah instrumen sarana yang digunakan penyidik untuk membuat terang sebuah perkara pidana.

"Jadi hanya sebatas alat bantu bagi penegak hukum untuk membuat terang tindak pidana dan dia tidak jadi alat bukti," sambungnya

Guru Besar Hukum Pidana dari Universitas Andalas menegaskan tetapi jika lie detector itu disampaikan di persidangan oleh ahlinya.

Maka bisa jadi alat bukti dalam bentuk keterangan ahli.

"Akan tetapi ketika hasil dari proses lie detector itu disampaikan dalam forum persidangan oleh ahlinya maka dia bakal jadi alat bukti dalam bentuk keterangan ahli," tegasnya.

Menurut Elwi kalau sekedar lie detector saja itu hanya sebatas alat bantu.

"Saya kira hanya jika hanya lie detector saja sebatas alat bantu bagi penyidik untuk mengungkap sebuah perkara pidana," tutupnya.

Diwartakan News sebelumnya ahli poligraf, Adji Febrianto Ar-Rosyid dihadirkan dalam persidangan sebagai salah satu saksi ahli dalam sidang lanjutan tewasnya Brigadir N Yosua Hutabarat.

Dalam kesaksian Adji di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (14/12/2022). Adji mengungkapkan bahwa kelima terdakwa Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Bharada Richard Eliezer, Bripka Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf hasil uji kebohongan atau lie detector berbeda-beda.

Adji mengatakan Fedy Sambo mendapatkan skor minus delapan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat