androidvodic.com

Perguruan Tinggi Gunakan Dana Pengabdian Masyarakat Bantu Kembangkan Desa Wisata Pascapandemi - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Pelaku dunia pendidikan terus berupaya membantu pengembangan sejumlah desa wisata di Tanah Air.

Terbaru, Universitas Agung Podomoro membantu pengembangan Desa Wisata di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Program ini merupakan implementasi dari Hibah Program Insentif Pengabdian Masyarakat Terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Berbasis Indikator Kinerja Utama Bagi Perguruan Tinggi Swasta Tahun 2022 dari Kemendikbudristek.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini mengambil tema “Peningkatan Kapasitas Masyarakat Tugu Utara dalam Pemanfaatan Potensi Sumberdaya Lokal untuk Kegiatan Pariwisata”.

"Kolaborasi pengabdian ini sangat baik bagi perguruan tinggi maupun bagi masyarakat karena terjalin interaksi aktif," ujar Ketua Pelaksana PKM Sani Heryanto melalui keterangan tertulis, Senin (26/12/2022).

Dalam pelaksanaan PKM ini Sani Heryanto didampingi oleh beberapa dosen dan mahasiswa.

Pada kesempatan itu pula diserahkan seperangkat alat pengemasan makanan semi manual untuk meningkatkan produksi makanan dalam kemasan.

Serta seperangkat alat vacuum cleaner untuk meningkatkan kebersihan homestay.

Baca juga: Perguruan Tinggi Datang, Desa Wisata Batulayang Kian Melayang

"Interaksi ini merupakan pintu pembuka jalan untuk kerjasama lain yang lebih luas dan bermanfaat," kata Sani.

Ketua Desa Wisata Tugu Utara, Reynold Hamzah, menyatakan bahwa program hibah ini mengakselerasi semangat masyarakat untuk terus berkarya.

"Langkah ini untuk memajukan Desa Wisata Tugu Utara sebagai bagian dari pengembangan pariwisata di Kabupaten Bogor," kata Reynold.

PKM ini dapat terlaksana berkat kerjasama yang baik antara Universitas Agung Podomoro dan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Wisata Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Fokus kegiatan membidik peningkatan kapasitas pengelola homestay dan makanan kemasan dalam mengembangkan usahanya.

Pendekatan kewirausahaan untuk membuka wawasan dan ketrampilan bagi masyarakat.

Melalui kegiatan PKM ini tercipta pembelajaran kolaboratif antara dosen dan mahasiswa sebagai pelaksana program serta masyarakat sebagai penerima manfaat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat