androidvodic.com

Semaikan Garam, BRIN Lakukan Modifikasi Cuaca - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) saat ini digunakan dalam upaya untuk mengurangi intensitas hujan yang berpotensi menimbulkan banjir di wilayah Jakarta dan kota penyangga di sekitarnya seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).

Penyemaian garam (NaCl) pada potensi awan yang hendak melintasi langit Jabodetabek ini pun dilakukan menyesuaikan dengan arah angin.

Tentunya ini mengacu pada informasi yang diberikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Koordinator Laboratorium TMC Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Budi Harsoyo mengatakan bahwa penyemaian garam akan coba dilakukan pada awan tersebut untuk segera menciptakan hujan buatan yang diharapkan segera jatuh ke laut.

"Kita akan coba menjatuhkan di area laut," kata Budi, dalam tayangan Kompas TV, Rabu (28/12/2022).

Penyemaian ini tentunya melihat potensi awan yang ada, menyesuaikan dengan arah angin yang bergerak.

Jika angin mengarah dari Barat, maka hujan pun akan dijatuhkan di perairan Selat Sunda. "Kalau angin ini arah dari Barat, maka kita akan jatuhkan di Selat Sunda," jelas Budi.

Sedangkan jika arah angin selama masa penyemaian itu mengarah dari Selatan, maka hujan buatan pun akan dijatuhkan di perairan wilayah Sukabumi, Jawa Barat.

Tapi kalau angin dari arah Selatan. Maka kita akan jatuhkan di wilayah perairan Selatan Sukabumi," papar Budi.

Baca juga: Badai Jakarta 28 Desember, Ini 18 Wilayah yang Berpotensi Terdampak Menurut BRIN

Teknologi ini, kata dia, digunakan untuk mencegah terjadinya hujan dengan intensitas sangat tinggi di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Hal ini mengacu pada kondisi curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir ini.

"Strategi yang akan kami lakukan mengamankan pantura Jabar dan Jakarta, kita mencegah awan-awan yang terpantau dari radar BMKG masuk ke Jakarta dan pantura," tutur Budi.

Baca juga: BRIN dan BMKG Beda Pendapat Soal Potensi Badai Jabodetabek Hari Ini, Berikut Penjelasan Kedua Pihak

Jika biasanya TMC digunakan untuk menyemai garam pada awan untuk menurunkan hujan di titik yang mengalami kemarau atau kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Kali ini teknik penyemaian NaCl ini dimanfaatkan untuk membuang hujan pada potensi awan yang akan melintasi langit Jakarta dan Jawa Barat (Jabar).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat