androidvodic.com

Jumat Esok Jakarta Berpotensi Hujan Sangat Lebat, Jabar dan Jateng Utara Hujan Sangat Ekstrem - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

News, JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan update informasi terkait prakiraan cuaca untuk Jumat besok, 30 Desember 2022.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan ada potensi hujan lebat dan hujan sangat lebat serta hujan ekstrem pada sejumlah daerah, khususnya di Pulau Jawa.

Terkait potensi hujan lebat dengan intensitas 50 hingga 100 milimeter menyasar sebagian wilayah Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat, serta Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Perkembangan akhir prakiraan curah hujan pulau jawa tanggal 30 Desember besok, itu potensi hujan lebat terjadi di Banten bagian Barat, DKI Jakarta bagian Selatan, Jawa Barat bagian Selatan, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah bagian Selatan, Jawa Timur bagian Selatan, itu potensi lebat," jelas Dwikorita, dalam virtual press conference bertajuk 'Pembaharuan Informasi Perkembangan Cuaca di Sejumlah Wilayah Indonesia pada Periode Pergantian Tahun', Kamis (29/12/2022).

Sementara itu untuk potensi hujan sangat lebat dengan intensitas curah hujan 100 hingga 150 milimeter, kata dia, diprediksi terjadi di sebagian wilayah Banten, DKI Jakarta dan Jawa Timur.

"Potensi hujan sangat lebat, intensitasnya 100 sampai 150 milimeter, berpotensi terjadi di Banten bagian Utara dan Selatan, juga DKI Jakarta bagian Utara, sebagian Jawa Timur bagian Utara," kata Dwikorita.

Selanjutnya ia menambahkan bahwa sebagian wilayah Jawa Barat tepatnya bagian Utara dan Jawa Tengah bagian Utara berpotensi mengalami hujan ekstrem.

"Dan potensi hujan ekstrem intensitasnya dapat mencapai lebih dari 150 milimeter dalam 24 jam atau dalam 1 hari, yaitu berpotensi terjadi di Jawa Barat bagian Utara, Jawa Tengah bagian Utara," papar Dwikorita.

Baca juga: BMKG: 1 Januari 2023, Satu Peta Indonesia Tertutup Hujan Lebat Ekstrem  

Ia pun meminta masyarakat yang bermukim di wilayah tersebut untuk mewaspadai kondisi cuaca pada Rabu besok, jika hendak beraktivitas keluar rumah. "Itu yang perlu diwaspadai pada 30 Desember," pungkas Dwikorita.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat