androidvodic.com

Rektor UT Kejar Target 1 Juta Mahasiswa untuk Tingkatkan Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Rektor Universitas Terbuka (UT) Ojat Darojat menargetkan peningkatan jumlah mahasiswa hingga satu juta mahasiswa secara bertahap.

Ojat menilai penambahan mahasiswa ini juga akan berdampak kepada Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi di Indonesia.

Saat ini, APK pendidikan tinggi di Indonesia baru mencapai 31 persen dari total penduduk Indonesia yang berusia 18-23 tahun.

"Mudah-mudahan mahasiswa UT bisa mencapai 500 ribu tahun depan dapat tercapai," kata Ojat pada Peluncuran Mobil Registrasi Keliling UT, Rabu (28/12/2022).

Pada 2017, UT mendapatkan arahan dari pemerintah untuk meningkatkan jumlah mahasiswanya hingga 1 juta.

Salah satu langkah untuk menambah jumlah mahasiswa, kata Ojat, dengan diluncurkannya enam kendaraan registrasi keliling UT.

Baca juga: KemenPPPA Minta Pemerintah Daerah Mampu Ciptakan Sekolah Ramah Anak

Enam kendaraan registrasi keliling ini diberikan ke UPBJJ-UT Surabaya, Makassar, Semarang, Bandar Lampung, Samarinda, dan Bandung.

Mobil registrasi keliling ini diberikan agar mahasiswa bisa melakukan proses registrasi kuliah hingga cetak Kartu Tanda Mahasiswa Elektronik (KTME).

"Selain komitmen untuk peningkatan kualitas layanan UT kepada mahasiswa menjadi semakin baik, ini juga sebagai upaya meningkatkan kuantitas jumlah mahasiswa, menjangkau 1 juta mahasiswa," ucap Ojat.

Seperti diketahui, UT telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH).

Melalui PTN-BH, UT mendapat otonomi luas untuk membuka program studi yang banyak diminati masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat