androidvodic.com

Pekan Ini Curah Hujan Naik dan Turun di Indonesia, BMKG Ungkap Daerah yang Akan Alami Hujan Lebat - News

Laporan Wartawan News, Rina Ayu

News, JAKARTA -  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang dalam periode puncak musim hujan.

Mana saja daerah yang sedang mengalami curah hujan tinggi dalam sepekan ini, berikut penjelasan Kepala Bidang (Kabid) Informasi Meteorologi Publik BMKG Fachri Radjab.

"Pulau Jawa misalnya hujan dengan intensitas lebat bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi sampai dengan akhir puncak musim hujan sekitar bulan Februari," ujar dia di program Sapa Indonesia Pagi Kompas TV, Senin (2/1/2023).

Baca juga: Prakiraan Cuaca Hari Ini, Senin 2 Januari 2023: Jakarta Barat Hujan dari Siang hingga Malam

Meski demikian, dalam sepekan ke depan ini ada beberapa daerah yang sebelumnya mengalami curah hujan yang cukup tinggi seperti Banten, Jawa barat, Jabodetabek, Jawa tengah, sebagian Jawa timur, Semarang atau Jawa tengah bagian utara, intensitas hujannya cenderung menurun.

"Cenderung menurun contoh Semarang atau Jawa tengah bagian utara 3 hari lalu dua hari lalu curah hujan sangat lebat tertinggi sampai dengan 140 mm tiap 24 jam, itu sudah masuk sangat lebat," jelas Fachri.

"Tapi untuk besok dan lusa kami lihat intensitasnya mulai menurun yang masih menjadi kewaspadaan adalah Jawa tengah bagian utara Kudus Jepara yang masih jadi kewaspadaan," sambung dia.

Sementara untuk wilayah Sumatera bagian Selatan, Jawa bagian selatan, tengah dan itu jadi kewaspadaan.

Termasuk Bali dan NTB juga perlu ditingkatkan kewaspadaannya.

"Sementara untuk Sulawesi bagian selatan, tengah, tenggara, juga Papua bagian tengah serta Maluku Utara," ungkap Fachri. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat