androidvodic.com

Kiprah Dosen PTIK Kombes Arsal di Dunia Pendidikan, Gandeng Kampus Amerika untuk Cetak SDM Unggul - News

News, JAKARTA - Kombes M Arsal Sahban melalui Yayasan Pendidikan Lasharan Jaya Makassar yang membawahi Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen Lasharan Jaya (STIMLASH) menjalin kerja sama dengan Nothern Illinois University (NIU) Chicago, Amerika Serikat.

Upaya yang dilakukan Dosen Utama Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) tersebut dalam rangka mendukung peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia.

Selaku pendiri Yayasan Pendidikan Lasharan Jaya Makassar, Kombes Arsal menandatangani kerja sama bidang penelitian dan beasiswa bersama universitas negeri terbaik di dunia tersebut.

"Bentuknya nanti berupa pertukaran mahasiswa dan kerjasama dibidang penelitian. Kami ingin meningkatkan SDM lulusan STIMLASH yang tidak hanya baik dan unggul tapi juga berwawasan internasional," kata Kombes Arsal di STIMLASH, Makassar, Sulawesi Selatan dikutip Sabtu (21/1/2023).

Baca juga: Dukung Polri Sikat Kejahatan Perbankan, BRI Proaktif Ungkap Pelaku Pembuat dan Penyebar APK Palsu

Perjanjian kerja sama ditandatangi Direktur Executif Global Institute NIU Chicago Amerika Serikat, Eric Jones dengan Ketua STIMLASH, Hernita.

Kombes Arsal mengatakan kerja sama ini melanjutkan MoU yang sudah terjalin sejak 2014 lalu.

"Dengan memasukkan beberapa point tambahan yang intinya memperluas ikatan ilmiah dan kerjasama akademik yang lebih erat. Saat itu kami yang ke Amerika, yang diwakili kakak saya. Sekarang mereka yang datang ke kampus STIMLASH," ujar Kombes Arsal.

Sementara itu, Direktur Executif Global Institute NIU Chicago Amerika Serikat, Eric Jones, menyebut ke depannya akan ada berbagai kerja sama pihaknya dengan STIMLASH.

Satu di antaranya pertukaran mahasiswa.

"Kami dari NIU juga bisa mengirimkan mahasiswa atau dosen kami untuk belajar bahasa dan kebudayaan Indonesia, selain itu juga bisa kerja sama dalam penulisan jurnal internasional" ujar Eric.

Eric menambahkan, pihaknya juga bisa membantu dalam penerimaan mahasiswa Indonesia yang berminat studi di Amerika.

Dia berharap, pertukaran pelajar itu cepat terealisasi.

"Kami juga akan membantu STIMLASH menerbitkan surat penerimaan bagi mahasiswa atau dosen yang berminat ke Amerika untuk studi. Semoga secepatnya terjadi pertukaran pelajar maupun dosen dari NIU ke STIMLASH ataupun sebaliknya," katanya.

Ketua STIMLASH Hernita mengatakan kerja sama dengan NIU Chicago akan terus berlanjut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat