androidvodic.com

Keistimewaan Bulan Rajab Menurut Hadis Rasulullah SAW, Dilengkapi Niat Puasa Rajab - News

News - Inilah keistimewaan dari bulan Rajab.

Tahun ini, 1 Rajab 1444 H jatuh pada hari ini, Senin (23/1/2023).

Pada bulan Rajab, ada beberapa amalan bagi umat Islam, antara lain puasa Rajab dan salat sunah Rajab.

Puasa Rajab adalah puasa sunah yang dilaksanakan di tanggal 1 bulan Rajab atau dikenal dengan bulah ketujuh dalam kalender Islam.

Selain itu, terdapat juga keistimewaan dari bulan Rajab ini.

Keistimewaan Bulan Rajab

Baca juga: Kemuliaan Bulan Rajab Menurut Rasulullah dan Amalan yang Dapat Dikerjakan Umat Islam

Dikutip dari TribunLombok.com, awal tahun 2023 ini menjadi bulan yang sangat istimewa bagi umat Islam, yakni bukan Rajab.

Pada bulan Rajab, Rasulullah SAW melakukan perjalanan Isra Mi'raj dan mendapatkan perintah untuk melaksanakan salat 5 waktu yang harus dilakukan oleh umatnya.

Keistimewaan bulan Rajab bahkan disebutkan dalam Al-Qur'an surat At-Taubah ayat 36.

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Inna 'iddatasy-syuhụri 'indallāhiṡnā 'asyara syahran fī kitābillāhi yauma khalaqas-samāwāti wal-arḍa min-hā arba'atun ḥurum, żālikad-dīnul-qayyimu fa lā taẓlimụ fīhinna anfusakum wa qātilul-musyrikīna kāffatang kamā yuqātilụnakum kāffah, wa'lamū annallāha ma'al-muttaqīn

Artinya:

"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

Sebagai informasi, dalam hadis Rasulullah SAW tercantum juga kelebihan dari bulan Rajab ini.

Baca juga: Tata Cara dan Bacaan Niat Sholat Sunah Rajab 1444 H, Lengkap Beserta Doanya

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat