androidvodic.com

Pakar Kedokteran Dunia Diskusikan Pentingnya Penguatan Sistem Pendidikan Kedokteran - News

Laporan Wartawan News, Reynas Abdila

News, JAKARTA - Pendidikan kedokteran merupakan hulu dalam upaya pembangunan sistem kesehatan global. 

Transformasi sistem pendidikan dan proses pembelajaran memegang peranan yang amat penting dalam menciptakan pelayanan kesehatan yang optimal. 

Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) sebagai regional office untuk The Alliance of Academic Health Centers International (AAHCI) wilayah Asia Tenggara kembali menyelenggarakan AAHCI Southeast Asia Regional Meeting 2023 di Hotel Aryaduta, Badung, Bali, 11-12 Januari 2023.

Dekan FKUI sekaligus Regional Ambassador of AAHCI SEA  Prof dr. Ari Fahrial Syam, SpPD menyambut seluruh delegasi. 

“Saya ucapkan selamat datang kepada seluruh delegasi AAHCI Southeast Asia Regional Meeting 2023 di Pulau Dewata Bali. Suatu kehormatan bagi kami sebagai tuan rumah dalam menyambut seluruh perwakilan institusi pendidikan kedokteran anggota AAHCI,” kata Prof Ari dikutip Minggu (22/1/2023).

Dia berharap agar pertemuan ini sebagai momentum diskusi konstruktif dalam menjawab tantangan dan isu global di bidang pendidikan dan pelayanan kesehatan. 

“Saya berharap melalui pertemuan ini akan terjalin kolaborasi dan ikatan yang lebih kuat antar anggota AAHCI, khususnya di kawasan Asia Tenggara,” terangnya.

Executive Director of AAHCI. Steven L. Kanter mengungkapkan kebanggaannya dapat berkolaborasi dengan institusi kedokteran di kawasan Asia Tenggara, khususnya FKUI melalui AAHCI

“Saya berharap aliansi ini dapat terus terjalin dan mampu mengakomodasi seluruh kebutuhan anggotanya di bidang pendidikan, pelayanan kesehatan, dan penelitian sebagai pondasi utama berdirinya AAHCI,” jelas Kanter.

Baca juga: Dokter di Daerah Minim, Anggota Komisi IX DPR Dorong Perbanyak Beasiswa Kedokteran

Pertemuan ini diharapkan mampu menjadi media diskusi untuk membahas isu prioritas dan tantangan potensial di bidang pendidikan kedokteran dan pelayanan kesehatan secara global, khususnya di kawasan Asia Tenggara. 

Seluruh anggota AAHCI dapat saling bertukar pikiran serta gagasan mengenai respons dan bentuk kolaborasi regional maupun global yang akan diambil dalam menghadapi isu-isu tersebut. 

Melalui kegiatan ini, diharapkan akan lahir solusi strategis yang melibatkan kolaborasi antar anggota AAHCI dalam mendukung transformasi kesehatan global melalui penguatan sistem pelayanan dan pendidikan kedokteran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat