androidvodic.com

Ponstan hingga Super Tetra Palsu Disita, Polisi Pastikan Tak Ada Obat Penyebab Gagal Ginjal Akut - News

News, JAKARTA - Polisi memastikan tidak ada obat penyebab gagal ginjal akut dalam pengungkapan kasus peredaran obat palsu, ilegal hingga kadaluarsa.

Diketahui, ada sejumlah obat yang diduga menjadi penyebab adanya penyakit gagal ginjal akut yang ramai diperbincangkan beberapa waktu lalu.

"Kemudian untuk obat yang lalu (penyebab gagal ginjal akut), sirup itu ya, sirup itu tidak termasuk di sini seperti yang sudah ada pemberitaaan sebelumnya," kata Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya, Jumat (27/1/2023).

Total, kata Auliansyah, sebanyak 430 ribu obat-obatan palsu hingga kadaluarsa berhasil disita dalam kasus ini.

Dari raturan ribu obat palsu itu, ada di antaranya adalah obat pereda sakit gigi seperti ponstan hingga obat antibiotik super tetra diduga palsu disita.

"Obat ada beberapa jenis diantaranya dari sekian banyak ini ada ponstan, insidal, super tetra, amoxilin dan lain lain sebagainya," ucapnya.

Lebih lanjut, Auliansyah mengatakan hingga kini belum diketahui apakah ada korban karena mengonsumsi obat-obatan palsu hingga kadaluarsa ini.

"Pastinya dari hasil koordinasi kami dengan lembaga lain yang berkompeten terkait dengan bagaimana mengonsumsi obat yang tidak semestinya itu pasti akan berdampak," ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Trunoyudo Wisnu Andiko menyatakan jika pihaknya mengungkap kasus ini dalam rangka melakukan pencegahan meski belum diketahui ada korban atau tidak.

"Pencegahan lebih baik dengan proses pengungkapan ini bisa menghindari korban-korban yang lain. Penyidikan belum selesai, kita buka ruang bagi masyarakat utk melaporkan terkait obat-obatan tersebut silakan ke Ditreskrimsus," tuturnya.

Tangkap Produsen Obat Palsu

Subdit Indag Ditreskrimsus Polda Metro Jaya membongkar praktek peredaran obat-obatan palsu, ilegal hingga obat kadaluarsa.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Pol Auliansyah Lubis dalam kasus ini pihaknya menangkap 11 orang tersangka mulai dari produsen hingga penjual obat-obatan tersebut.

Adapun 11 tersangka yang ditangkap berinisial saudari RA, W, M, AAR, RI, CS, J, A, M, MD, dan AZ.

Baca juga: Cara Mengenali Obat Palsu Menurut Ahli Farmasi UGM

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat