androidvodic.com

Ketua PB IDI Ditunjuk sebagai Ketua Asosiasi Kedokteran Se-ASEAN - News

Laporan Wartawan News, Aisyah Nursyamsi

News, JAKARTA - Tahun ini Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia, dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT ditunjuk menjadi Ketua Medical Association of South East Asian Nations (MASEAN).

MASEAN merupakan perhimpunan kedokteran nasional dari negara-negara ASEAN

Penyerahan amanat ini dilakukan bersamaan dengan pertemuan MASEAN yang bertajuk “Health Sector Recovery After Pandemic” di Jakarta. Dr Moh. Adib Khumaidi, SpOT.

Dalam sambutannya sebagai Ketua MASEAN, dr Moh Adib Khumaidi, SpOT mengungkapkan pentingnya ikatan lebih erat antar perhimpunan kedokteran nasional dalam membantu masyarakat di kawasan ASEAN.

 “MASEAN mengakui pentingnya ikatan yang lebih erat di antara perhimpunan kedokteran nasional dalam membantu semua lapisan masyarakat di kawasan ASEAN untuk mencapai tingkat kesehatan setinggi mungkin," ungkap dr Adib dalam keterangannya, Senin (6/2/2023). 

Ia melihat perlunya kerja sama dan upaya bersama dalam memelihara martabat sekaligus standar profesi kedokteran. 

"Kami juga mendorong studi dan penyebaran semua aspek pengetahuan medis, penyetaraan kompetensi, termasuk transfer pengetahuan," kata dr Adib lagi. 

Baca juga: Meski Masyarakat Indonesia Punya Antibodi Tinggi, PB IDI Tekankan Booster Masih Diperlukan

Pertemuan ini sekaligus acara penyerahan mandat kepemimpinan.

Mengambil Tema “Health Sector Recovery After Pandemic” menjadikan hubungan kesejawatan antara negara-negara ASEAN menjadi lebih kuat. 

Acara penyerahan amanat tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, drg Widyastuti, MKM, dan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden RI, Mayjen Pol. (Purn). Drs. H. Sidarto Danusubroto, S.H. 

Sidarto pun menaruh harapan dengan ditunjuknya dr Adib sebagai Ketua MASEAN, dapat meningkatkan kerjasama dengan organisasi kedokteran se-ASEAN.

"Dengan kepemimpinan MASEAN pada dr Adib dari IDI, diharapkan organisasi-organisasi dokter se-ASEAN bisa meningkatkan kerja sama," tegas Sidarto. 

Menurut Sidarto, saat ini adalah waktu yang tepat mempererat kerja sama para dokter ASEAN.

Sebagai informasi, MASEAN Didirikan sejak 1 Maret 1980,beranggotakan perhimpunan kedokteran nasional yang diakui secara konstitusi dari 10 negara anggota ASEAN

Selain menjadi tuan rumah MASEAN hingga tahun 2024, Ikatan Dokter Indonesia juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan World Medical Association pada Agustus 2022. 

Asosiasi Dokter Medis Sedunia atau World Medical Association (WMA) bahkan menegaskan hanya mengakui Ikatan Dokter Indonesia sebagai organisasi dokter Indonesia. 

Selain bersama World Medical Association selama lebih dari 70 tahun, IDI juga termasuk salah satu inisiator MASEAN yang kini sudah berusia lebih dari 40 tahun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat