androidvodic.com

PPKM Dicabut, Tes Masuk SMA Labschool Kembali Digelar Secara Offline - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Penerimaan Siswa Baru (PSB) Jalur Tes SMA Labschool serentak digelar di empat lokasi, yaitu Rawamangun, Kebayoran, Cibubur dan Cirendeu.

Seiring dengan dicabutnya PPKM oleh pemerintah, maka BPS Labschool memutuskan pelaksanaan tes PSB untuk semua peserta harus hadir ke sekolah atau offline.

"Tes kali ini sedikit berbeda dengan dua tahun sebelumnya pada saat kondisi pandemic covid, siswa mengerjakan tes dari sekolah yang dituju," ujar Kepala BPS Labschool, Achmad Ridwan, melalui keterangan tertulis, Senin (6/2/2023).

"Sementara dua tahun terakhir, siswa mengerjakan tes Labschool dari rumah masing-masing, hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi klaster baru pasca pelaksanaan tes," tambah Achmad Ridwan.

Kehadiran siswa saat mengikut tes, kata Achmad Ridwan, agar siswa lebih mengenal sekolahnya sebelum menjadi siswa Labschool.

Pada tahun ini, Soal Tes PSB SMA Labschool menggunakan model CAT (Computerized Addaptive Test) yaitu Tes Adaptif berbasis Komputer atau pilihan ganda adaptif berbasis komputer.

Baca juga: PPDB SMP Kota Depok Jalur Zonasi 2022: Jadwal, Syarat dan Cara Daftar

Sebelum pelaksanaan tes hari ini, telah dilakukan simulasi tes sebanyak tiga kali untuk menguji server dan jaringan yang ada di sekolah.

"Adanya simulasi tersebut dapat diketahui kekurangan atau kendala yang ada, sehingga pada saat tes tidak terjadi kendala yang berarti," kata Achmad Ridwan.

Calon peserta diwajibkan membawa laptop ataupun komputer tablet untuk mengerjakan tes tersebut.

Namun panitia memfasilitasi peserta apabila ada mengalami kendala pada perangkatnya. Siswa yang mengalami kendala perangkat, mengikuti tes di ruang laboratorium komputer.

Ketua PSB Labschool, Anggara Budi Susila menyampaikan bahwa Tes PSB SMA Labschool ini hasilnya akan diumumkan kepada masyarakat pada hari Selasa, 14 Pebruari 2023 melalui web Labschool dengan cara memasukkan email.

"Semoga hasil yang diterima dapat memuaskan peserta dan orangtua. Karena keterbatasan daya tampung untuk yang belum berhasil lolos agar tetap semangat dan dapat menyiapkan diri untuk seleksi di sekolah lain," ucap Achmad Ridwan.

Pada tahun ini Tes PSB SMA Labschool diikuti oleh 2.616 peserta pada tes yang dimulai pukul 09.00 sampai pukul 11.00 wib secara umum berjalan lancar.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat