androidvodic.com

Profil Singkat 9 Tokoh NU yang Berpeluang Jadi Cawapres Anies, Ganjar, atau Prabowo - News

News, JAKARTA -  Hingga hari ini, ada tiga kandidat calon presiden atau capres teratas menurut berbagai lembaga survei kredibel.

Ketiganya adalah Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Namun tiga bakal capres itu masih menimang-nimang bakal calon wakil presiden atau cawapres yang akan mendampingi pada Pilpres 2024.

Meski tiga capres itu juga belum memenuhi syarat untuk maju di Pilpres atau dengan kata lain belum pasti kendaraan politik yang mengusungnya nanti.

Kendati demikian, tokoh dari Nadhlatul Ulama atau NU dianggap sangat tepat mendampingi tiga capres itu jika seandainya nanti maju jadi capres.

Baca juga: Profil Singkat 7 Tokoh yang Potensial Jadi Cawapres Anies Baswedan

Pengamat Politik M Qodari beberapa waktu lalu mengatakan tokoh NU selalu menjadi pertimbangan untuk menjadi cawapres dalam setiap Pemilu Presiden.

Mengapa harus dari NU?

"Karena jumlah massa atau komunitas NU itu sangat besar sekitar 1/3 dari muslim Indonesia. Organisasi  besar di Indonesia saat ini ya NU," kata Qodari.

Selain itu NU memiliki basis massa yang solid. Dalam Pilpres sebelumnya, tokoh NU kerap dan sangat cocok ditempatkan jadi cawapres untuk meraup suara pemilih.

Sebutlah diantaranya Jusuf Kalla, KH Ma'ruf Amin yang mendamping Jokowi.

Atau KH Hasyim Muzadi saat menjadi cawapres Megawati Soekarnoputri.

Pertanyaannya siapa tokoh NU saat ini yang bisa jadi cawapres Anies, Ganjar, atau Prabowo>

Berikut nama-nama mereka yang dirangkum News, Selasa (7/2/2023) dari berbagai sumber dan tanggapan politisi serta pengamat politik.

1. Muhaimin Iskandar

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat