androidvodic.com

3 Kader Golkar Dinilai Berpeluang Gantikan Zainudin Amali Sebagai Menpora, Ini Kata Pengamat - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Zainudin Amali memilih mundur dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) setelah terpilih menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

Pengamat politik dan Peneliti Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saidiman Ahmad, menilai kemungkinan besar posisi Menpora akan tetap diisi kader Partai Golkar.

"Secara etis, posisi Menpora yang kosong itu sebaiknya kembali diisi oleh kader partai Golkar. Tidak ada isu mendesak yang membuat presiden harus mengurangi posisi menteri dari salah satu partai besar yang menjadi pendukung utamanya," ujar Saidiman kepada wartawan, Rabu (22/2/2023).

Diketahui, sejumlah nama yang berpotensi menggantikan posisi Zainudin Amali sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) mulai disebut-sebut.

Beberapa nama yang sering disebut sebagai pengganti Zainudin Amali adalah Ace Hasan Syadzily (Ketua DPD Golkar Jawa Barat dan Ketua Golkar Institute), Ilham Permana (Ketua AMPG), Dito Ariotedjo (Ketua AMPI).

Menurut Saidiman, Golkar memiliki banyak kader yang potensial, tetapi presiden perlu mempertimbangkan beberapa hal.

Baca juga: Sejumlah Nama Diisukan Gantikan Zainudin Amali sebagai Menpora, Golkar: Tunggu Keputusan Presiden

"Pertama, tokoh tersebut memiliki rekam jejak yang baik di bidang olahraga dan kepemudaan. Kedua, dia adalah loyalis pemerintah. Ketiga, dia memiliki kapabilitas yang baik. Keempat, tokoh tersebut memiliki akseptabilitas yang baik atau relatif bisa diterima oleh banyak kalangan. Kelima, dia juga memiliki integritas, tidak terkait dengan kasus pelanggaran hukum apa pun," kata dia

Terkait siapa yang akan berpeluang menduduki kursi Menpora, Saidiman menilai Ketua DPD Golkar Jawa Barat Ace Hasan Syadzily menjadi sosok yang dianggap lebih layak dipertimbangkan.

"Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Tb Ace Hasan Syadzily, adalah kader dan tokoh muda Partai Golkar saat ini yang paling mendekati semua kriteria dan karakter tersebut. Ace memiliki rekam jejak yang sangat baik sebagai aktivis kepemudaan," kata dia.

Baca juga: Alasan Zainudin Amali Mundur dari Jabatan Menpora dan Pilih Fokus Jadi Wakil Ketua Umum PSSI

Dia juga menilai Ace memiliki kapasitas yang sangat baik dengan rekam pendidikan formal sampai tingkat doktoral di bidang kebijakan publik.

"Ini sangat dibutuhkan untuk mendorong reformulasi dan perbaikan manajemen kebijakan di lingkungan Kemenpora, khususnya sektor olah raga. Ace juga adalah tokoh Golkar yang relatif bersih dan populer," kata Saidiman.

Selain itu, lanjut Saidiman, Ace memiliki rekam jejak sebagai aktivis, intelektual, dan politikus yang cukup aktif dalam memberikan solusi dan terobosan baru di lingkungan aktivitasnya.

Baca juga: Menpora Amali: Proses 3 Pemain Naturalisasi Belum Rampung, Tak Bisa Main di Piala Asia U-20 2023

Hal ini bisa dilihat dari aktivitas dan terobosan pemikirannya yang hampir selalu mendapatkan liputan media.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat