androidvodic.com

Hakim Sebut Arif Rachman Tidak Melihat dan Mengetahui Sendiri Tewasnya Brigadir J di Duren Tiga  - News

News, JAKARTA - Majelis hakim di persidangan sebut bahwa Arif Rachman tidak mengetahui dan melihat sendiri tewasnya Brigadir J di Duren Tiga.

Adapun pernyataan itu disampaikan majelis hakim PN Jakarta Selatan Kamis (23/2/2023) pada pembacaan amar putusan atau vonis dari terdakwa Arif Rachman dalam perkara perintangan penyidikan tewasnya Brigadir J di Duren Tiga.

"Menimbang bahwa hasil pemeriksaan di persidangan keterangan saksi-saksi, terdakwa, alat bukti surat dan barang bukti yang saling berkesusaian dan tidak dibantah oleh terdakwa maka Majelis Hakim akan mempertimbangkan bahwa terdakwa melanggar hukum atau tidak," kata Majelis Hakim di persidangan.

Majelis hakim melanjutkan dan apa terdakwa bisa dipermasalahkan atau tidak.

"Menimbang dari hasil-hasil pemeriksaan tersebut Majelis Hakim memperoleh fakta hukum yang diyakini kebenarannya sebagai berikut," kata Majelis Hakim.

Kemudian Majelis Hakim melanjutkan bahwa benar jabatan terdakwa pada lembaga kepolisian Republik Indonesia jabatan terakhir saudara Wakaden B Biropaminal Kepolisian Republik Indonesia.

"Bahwa benar pada setidaknya hari Jumat 8 Juli 2022 sekitar pukul 17.59 WIB telah terjadi penembakan terhadap anggota Polri atas nama Brigadir Nofrianysah Yosua Hutabarat di Duren Tiga Jakarta Selan," lanjut Majelis Hakim.

Kemudian Majels Hakim mengungkapkan atas kejadian itu terdakwa Arif Rachman tidak mengetahui dan melihat tewasnya Brigadir J di Duren Tiga.

"Bahwa benar atas kejadian penembakan tersebut terdakwa tidak melihat dan mengetahui sendiri," jelas Majelis Hakim.

Jaksa Penuntut Umum menilai bahwa terdakwa kasus perintangan penyidikan Arif Rachman dengan sengaja mengambil dan mengganti DVR CCTV di Duren Tiga.
Jaksa Penuntut Umum menilai bahwa terdakwa kasus perintangan penyidikan Arif Rachman dengan sengaja mengambil dan mengganti DVR CCTV di Duren Tiga. (Ist)

Sebagaimana diketahui, Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria akan menghadapi vonis perkara ini pada Kamis (23/2/2023) bersama terdakwa lainnya, yaitu Arif Rachman Arifin.

Sementara vonis Irfan Widyanto akan dibacakan pada Jumat (24/2/2023) bersama dua terdakwa lain, yaitu Baiquni Wibowo dan Chuck Putranto.

Dalam perkara ini para terdakwa telah dituntut hukuman penjara dengan durasi yang berbeda.

Untuk Hendra Kurniawan dan Agus Nurpatria memperoleh tuntutan tertinggi dari yang lainnya, yaitu tiga tahun penjara.

Kemudian Chuck Putranto dan Baiquni Wibowo dituntut dua tahun penjara.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat