androidvodic.com

Pakar Usul Polisi yang Terlibat Kasus Brigadir J Buat Paguyuban Korban Manipulasi Sambo - News

News - Peneliti ASA Indonesia Institue, Reza Indragiri Amriel mengusulkan kepada polisi yang terlibat dalam kasus pembunuhan berencana Brigdir N Yosua Hutabarat alias Brigadir J untuk membentuk kelompok dengan nama Paguyuban Korban Manipulasi Sambo.

"Ini usul saya. Para personel yang dijatuhi sanksi etik serta personel yang dipidana dan di-PTDH itu sebaiknya berhimpun bikin semacam Paguyuban Korban Manipulasi Sambo," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima News, Kamis (23/2/2023).

Reza mengungkapkan kelompok ini dapat mengajukan gugatan ganti rugi kepada Ferdy Sambo lantaran telah dirugikan secara multidimensi seperti karier yang hancur hingga membuat keluarga dari polisi yang terlibat menjadi tidak tenang.

Dirinya juga menilai paguyuban ini adalah bentuk penuntutan atas janji Ferdy Sambo selama persidangan bahwa dirinya siap untuk bertanggung jawab serta meminta para anak buahnya agar tidak dihukum.

"Dan kalau Sambo konsekuen dengan omongannya, dia tentu akan sudi membayar ganti rugi mencakup, antara lain, putusnya penghasilan dari Polri," kata Reza.

Reza pun mencontohkan bagi polisi yang terlibat berpangkat Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) yang berumur 45 tahun dapat menuntut hingga Rp 1,6 miliar.

Baca juga: 3 Mantan Anak Buah Ferdy Sambo Dengarkan Vonis Hakim di Kasus Perintangan Penyidikan Hari Ini

Adapun hitung-hitungan itu berdasarkan rincian gaji pokok ditambah tunjangan diasumsikan adalah Rp 10.267.300.

Serta polisi berpangkat AKBP yang berumur 45 tahun itu masih memiliki sisa masa kerja 13 tahun sebelum pensiun.

Reza pun juga meminta bagi para polisi yang terlibat dalam kasus ini agar menuntut Ferdy Sambo berupa ganti rugi lain seperti rehabilitasi fisik dan psikis.

"Akibat dampak pemecatan secara tidak hormaat, serta beban tak terduga hingga masing-masing personel dan keluarganya kembali hidup stabil," tuturnya.

Sebaliknya, Reza menganggap jika personel polisi yang terlibat kasus ini tidak mengajukan gugatan ke Ferdy Sambo, maka akan menimbulkan kesan masih memiliki loyalitas dengan eks Kadiv Propam Polri tersebut.

Sehingga, laporan gugatan kepada Ferdy Sambo justru akan membuktikan bahwa para personel Polri yang terlibat kasus ini benar-benar marah lantaran telah diperalat oleh mantan Kepala Satgassus Merah Putih itu.

Di sisi lain, Reza menganggap gugatan ini juga akan membuka harta kekayaan sebenarnya dari Ferdy Sambo lantaran jika gugatan ganti rugi materil benar-benar dikabulkan.

"Supaya para penggugat dan masyarakat tidak berburuk sangka, dan agar Sambo tidak menutup-nututpi harta kekayaannya, silakan PPATK buka ke publik jumlah harta kekayaan Sambo," ujarnya.

Tersangka kasus obstruction of justice pada kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Baiquni Wibowo, Chuck Putranto, Irfan Widyanto, dan Arif Rahman Arifin (rompi merah, kiri ke kanan) ditunjukkan petugas kepada awak media di depan lobi Gedung Jampidum Kejaksaan Agung RI, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022). Penyidik Bareskrim Polri menyerahkan 11 tersangka dan barang bukti kepada Kejaksaan Agung dalam pelimpahan tahap dua terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J dan obstruction of justice, yakni 5 tersangka dalam kasus pembunuhan yang salah satunya Ferdy Sambo dan 7 tersangka dalam kasus obstruction of justice yang salah satunya juga Ferdy Sambo. TRIBUNNEWS/HO/PUSPENKUM KEJAGUNG
Tersangka kasus obstruction of justice pada kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Baiquni Wibowo, Chuck Putranto, Irfan Widyanto, dan Arif Rahman Arifin (rompi merah, kiri ke kanan) ditunjukkan petugas kepada awak media di depan lobi Gedung Jampidum Kejaksaan Agung RI, Jakarta Selatan, Rabu (5/10/2022). Penyidik Bareskrim Polri menyerahkan 11 tersangka dan barang bukti kepada Kejaksaan Agung dalam pelimpahan tahap dua terkait kasus pembunuhan berencana Brigadir J dan obstruction of justice, yakni 5 tersangka dalam kasus pembunuhan yang salah satunya Ferdy Sambo dan 7 tersangka dalam kasus obstruction of justice yang salah satunya juga Ferdy Sambo. TRIBUNNEWS/HO/PUSPENKUM KEJAGUNG (TRIBUNNEWS/HO/PUSPENKUM KEJAGUNG)

Baca juga: Ini Alasan Ferdy Sambo hingga Kuat Maruf Tak Hadir Jadi Saksi Sidang Etik Bharada E

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat