androidvodic.com

Pengamat: Alasan NasDem-PKS Dukung Anies Realistis, Tapi Terkendala Demokrat dan AHY - News

News, JAKARTA - Pengamat politik Arifki Chaniago menyebutkan NasDem dan PKS punya kepentingan yang realistis dalam mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden.

Mengingat dua partai ini tidak memiliki kader partai yang bisa diusung sebagai capres dan cawapres.

Sehingga, Pemilu 2024 mendatang menjadikan kedua partai ini butuh 'brand' untuk menarik popularitas capres menjadi keuntungan partai.

Namun di satu sisi, pria yang merupakan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic ini melihat langkah yang diambil oleh NasDem dan PKS tentu tidak terlalu menarik bagi Demokrat.

Sebab Demokrat masih memilih Ketua Umum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai cawapres Anies. 

"Kepentingan PKS dan NasDem di level organisasi sepertinya udah selesai. Namun, pada level politik mengusung Anies dalam narasi koalisi perubahan sepertinya masih mengalami jalan buntu," kata Arifki dalam keterangannya, Sabtu (25/2/2023).

Tentu Demokrat menginginkan AHY sebagai cawapres Anies. Namun, langkah politik itu tidak mudah bagi NasDem yang saat ini masih menjadi bagian dari pemerintahan Jokowi. 

NasDem, lanjut Arifki, tentu tidak ingin kedua kakinya berada di ranah oposisi karena tiga kadernya masih menjadi menteri Jokowi. 

“Sebenarnya Koalisi Perubahan perlu meyakinkan publik dengan komitmen tiga partai anggota dengan adanya perjanjian atau batu tulis. Kesepakatan itu tentu perlu diperlihatkan kepada publik agar masyarakat percaya," tegas Arifki.

"Jika tidak koalisi perubahan bakal berpotensi mencari jalan masing-masing partai untuk memenangkan pemilu. Demokrat tentu dirugikan jika tidak mendapatkan apa-apa dari koalisi perubahan. Jalanya ke partai lain masih terbuka jika ada memberikan garansi yang lebih realiatis untuk posisi cawapres”, tambahnya. 

Sebelumnya, PKS mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden pada pemilu 2024.

Hal ini diputuskan dalam Musyawarah Majelis Syura VIII yang berlangsung di kantor DPTP PKS di Jakarta, pada Kamis (23/2/2023). 

Baca juga: Anies Baswedan Puji Sikap PKS Konsisten Jadi Oposisi Selama 10 Tahun

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menyampaikan langsung hasil dari MMS PKS VIII yang salah satunya adalah mengusung Anies Baswedan sebagai Bakal Calon Presiden RI dalam Pemilu 2024.

Syaikhu menyebut, sosok Anies Baswedan yang berkarakter nasionalis religius menjadi salah satu alasan PKS mengusung eks Gubernur DKI Jakarta tersebut. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat