androidvodic.com

VIDEO Momen Jokowi Dapat Keluhan Langkanya Solar Bersubsidi Saat Bertemu Nelayan Tanjung Pasir - News

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan beberapa perwakilan nelayan dalam kunjungan ke Kampung Nelayan Tanjung Pasir, Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, pada Selasa, (28/2/2023). 

Kepada Jokowi, para nelayan menyampaikan beberapa kendala yang dirasakan untuk melaut, mulai dari kendala bahan bakar hingga alat tangkap.

“Saya kira secara umum baik, tetapi ada keluhan mengenai solar bersubsidi yang sering kadang-kadang tidak mereka dapatkan,” kata Jokowi.

Aspirasi lain dari para nelayan adalah berkenaan dengan peremajaan alat tangkap.

Tarliana, istri nelayan yang ikut berdialog bersama Presiden, mengatakan nelayan di tempatnya membutuhkan bantuan untuk membeli alat tangkap yang baru.

“Kami meminta peremajaan kembali alat tangkap berupa mesin, pukat, armadanya juga karena kami kalau untuk membeli kembali kayaknya sulit karena dengan cuaca ekstrem seperti ini, kami minta bantuan dari pemerintah seperti itu,” kata Tarliana dalam kesempatan terpisah.

Di samping itu, Tarliana juga meminta kepada Presiden Jokowi agar dapat memberikan pendampingan kepada para perempuan yang berada di pesisir untuk berwirausaha mengelola hasil perikanan dan kelautan yang ada di sana.

“Kami minta pendampingan untuk para wanita-wanita di pesisir-pesisir sekarang ini dibimbing, didampingi untuk menghasilkan ide-ide bagaimana cara membentuk wirausaha untuk pemanfaatan hasil dari sumber daya alam,” tuturnya.

Mendengar beberapa aspirasi tersebut, Presiden Jokowi langsung memerintahkan jajarannya untuk menyelesaikan kendala-kendala yang dirasakan oleh para nelayan.

“Tadi langsung saya telepon ke menteri untuk menyelesaikan keluhan dari para nelayan,” jelas Jokowi.

Kembali Ke Jakarta Usai Tinjau Proyek KIPI dan PLTA Mentarang Induk

Jokowi kembali ke Jakarta usai kunjungan kerja selama dua hari di Provinsi Kalimantan Utara, pada 28 Februari-1 Maret 2023.

Presiden dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak kembali ke Jakarta dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, sekira pukul 11.30 WITA, pada Rabu, (1/3/2023).

Tampak melepas keberangkatan Presiden dan Ibu Iriana adalah Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Kapolda Kalimantan Utara Irjen Pol Daniel Adityajaya, Wali Kota Tarakan Khairul, Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Deni Herman, serta Danlanud Anang Busra Kolonel Pnb Bambang Sudewo.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat