androidvodic.com

Kemenkominfo: Inovasi Bidang TIK Harus Mampu Ciptakan Peluang Usaha - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo, Bonifasius Wahyu Pudjianto, mengatakan inovasi dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK) harus mampu menciptakan peluang usaha.

Kemenkominfo menggelar program IdenTIK untuk mendukung ekosistem digital Indonesia dan menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan digital yang aman dan inovatif.

"IdenTIK adalah salah satu metode untuk mengembangkan bisnis yang Bapak dan Ibu miliki. Pada akhirnya, ini harus menciptakan sebuah bisnis. Seluruh inovasi harus menjadi peluang usaha,” ucap Bonifasius melalui keterangan tertulis, Rabu (15/3/2023).

Hal tersebut diungkapkan oleh Bonifasius pada Kick Off Seleksi Nasional Indonesia Entrepreneur TIK (IdenTIK) di Bina Nusantara University (BINUS), Bekasi, Jawa Barat.

IdenTIK adalah program pengembangan dari ID.UP, sebuah wadah kompetisi untuk mendorong munculnya potensi produk TIK karya anak bangsa yang mampu unjuk gigi di mata dunia.

Ketua Dewan Juri IdenTIK, Eko Kuswardono Budiardjo menekankan tentang pentingnya peran sumber daya manusia dalam perkembangan TIK di Indonesia.

Baca juga: Kemenkominfo Bagikan Pengalaman Tangkal Berita Palsu untuk Negara Anggota ASEAN

"Masa depan TIK itu yang utama bukan teknologinya, tapi yang utama adalah human capital. Kalau human capital Indonesia hebat, maka bisa kita gunakan untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat Indonesia,” ungkap Eko.

Eko juga menambahkan bahwa terdapat enam kategori yang dapat diikuti dalam kompetisi IdenTIK, yaitu Public Sector, Private Sector, Inovasi Teknologi Konten Digital, Digital Inclusivity, Digital Startup, dan Digital Innovation.

Kick Off Seleksi Nasional IdenTIK 2023 dilanjutkan dengan talkshow bertema "Collaborate to Grow Stronger" yang menghadirkan dua juri IdenTIK, yaitu Jurike V Moniaga (Juri IdenTIK Kategori Digital Inclusivity) dan Yudho Giri Sucahyo (Juri IdenTIK Digital Innovation) yang menjelaskan tentang syarat dan ketentuan karya dari setiap kategori IdenTIK.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat