androidvodic.com

Soroti Pidato AHY Sama Sekali Tak Singgung Nama Anies dan Koalisi Perubahan, Ini Analisa Pengamat - News

News, JAKARTA - Pengamat politik Arifki Chaniago menyoroti pidato Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang disampaikan di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Selasa (14/3/2023) kemarin.

Hal menarik dari pidato AHY, jelas Arifki, adalah ihwal tidak adanya sama sekali nama Anis Baswedan dan Koalisi Perubahan disebut. 

Pria yang juga merupakan Direktur Eksekutif Aljabar Strategic ini menyatakan pidato AHY ini memang identik dengan internal demokrat. 

Namun, kehadiran banyak kader dalam pidato tersebut belum dimanfaatkan oleh AHY untuk mendukung Koalisi Perubahan dan Anies Baswedan di Pilpres 2024. 

Sinyal ini bisa saja terjadi akibat tidak adanya kepastian dari NasDem dan PKS untuk nasib AHY di koalisi perubahan. 

"Koalisi Perubahan ini masih sendiri-sendiri. Meskipun ketiga partai sudah menyatakan dukungan kepada Anies Baswedan," kata Arifki dalam keterangannya, Rabu (15/3/2023).

"Tetapi, saya melihat demokrat menunggu dari NasDem dan PKS terkait posisi AHY sebagai cawapres Anies", sambungnya. 

Sikap politik pribadi Partai Demokrat, lanjut Arifki, menunjukkan pihaknya ingin ambil langkah duluan daripada menunggu NasDem yang satu kakinya masih berada di pemerintahan.

Sejauh ini Arifki melihat NasDem masih dilema dalam sikap politiknya kepada Anies.

Ia menilai bisa saja NasDem ingin mengkolaborasi narasi pemerintah dan oposisi. NasDem dinilai punya kepentingan elektoral pada dua sisi. 

Jika hal ini dilakukan oleh NasDem, kemungkinan wakil Anies tidak nanti bukanlah AHY. Maka dari itu, jika kepastian dari NasDem dan PKS masih lama, kemungkinan Demokrat bakal menawarkan diri pada partai lain.

Baca juga: Demokrat Ungkap Alasan AHY Tak Singgung Nama Anies Baswedan saat Pidato Kebangsaan di Hadapan Kader

" Pidato AHY itu memberikan pesan politik bahwa Koalisi Perubahan tidak mungkin tegas mengkritik pemerintah karena belum jelasnya posisi NasDem," jelasnya.

"Sepertinya AHY ingin mengiring sendiri sikap demokrat kehadapan rakyat tanpa harus menunggu AHY bakal menjadi cawapres Anies atau tidak", Arifki menambahkan. 
 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat