androidvodic.com

Sudah Disumpah, Anwar Usman-Saldi Isra Resmi Jadi Ketua dan Wakil Ketua MK 2023-2028 - News

News, JAKARTA - Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar Sidang Pleno Khusus dengan agenda Pengucapan Sumpah hakim konstitusi Anwar Usman dan Saldi Isra sebagai Ketua dan Wakil Ketua MK masa jabatan 2023-2028.

Anwar Usman dan Saldi Isra disumpah di Ruang Sidang Pleno Gedung I MK, Senin (20/3/2023).

Sidang ini digelar menyusul Anwar Usman dan Saldi Isra yang terpilih sebagai Ketua dan Wakil Ketua MK dalam pemilihan melalui pemungutan suara pada Rapat Pleno Hakim terbuka untuk umum pada Rabu (15/3/2023) lalu. 

Berdasarkan ketentuan Pasal 21 ayat (3) UU MK, sebelum memangku jabatannya, Ketua dan Wakil Ketua MK mengucapkan sumpah atau janji menurut agamanya di hadapan MK. 

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan memenuhi kewajiban Ketua Mahkamah Konstitusi dengan sebaik- baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," ucap Anwar Usman dalam sumpahnya.

"Dan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya
menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta berbakti kepada
nusa dan bangsa," sambungnya. 

Berbeda dengan pengucapan sumpah atau janji hakim konstitusi sebelum memangku jabatannya, yakni di hadapan Presiden, sumpah atau janji Ketua dan Wakil Ketua MK diucapkan di hadapan MK, yang berarti di hadapan keseluruhan sembilan hakim konstitusi. 

Baca juga: Jokowi Hadiri Pengucapan Sumpah Adik Iparnya Sebagai Ketua MK 2023-2028

Berdasarkan PMK Nomor 1 Tahun 2020 tentang Persidangan MK diatur pengucapan sumpah Ketua dan Wakil Ketua MK dilaksanakan dalam Sidang Pleno Khusus MK.

Sebagai informasi Anwar Usman terpilih kembali menjadi ketua pada periode ini, sedangkan Saldi baru kali ini menjabat Wakil Ketua MK menggantikan posisi Aswanto yang kosong sejak akhir Oktober 2022.

Anwar Usman menang lima suara melawan Arief Hidayat yang memperoleh empat suara.

Sebelumnya, Anwar dan Arief harus melalui dua putaran dengan perolehan suara seri. 

Masing-masing memperoleh empat suara sedangkan satu surat suara dianggap tidak sah karena melingkari dua nama calon Ketua MK.

Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bakal menghadiri pelantikan adik iparnya, Anwar Usman sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi di ruang sidang MK, Senin (20/3/2023).
Presiden RI Joko Widodo dan Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bakal menghadiri pelantikan adik iparnya, Anwar Usman sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi di ruang sidang MK, Senin (20/3/2023). (Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV)

Dalam pengucapan sumpah, turut hadir Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan beberapa tokoh seperti, Menkopolhukam Mahfud MD, Menkumham Yasonna Laoly, Menteri ATR/BPN Tjahjanto, Kemenhub Budi Karya Sumadi, Wakil Ketua MPR RI Hidayat Nur Wahid dan Asrul Sani.

Kemudian Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Freidrich Paulus, Ketua KPU Hasyim Asy'ari, Ketua DKPP Heddy Lugito, Ketua BNPT Boy Rafi Amar, Fraksi Demokrat Edhi Baskoro Yudhoyono, Sekjen PKS Aboe Bakar Al Habsyi, dan Ketua Fraksi PKB Cucun Ahmad Syamsurijal. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat