androidvodic.com

Beri Pesan untuk Anak Muda Papua, Jokowi: Ini Perlu Wadah dan Kesempatan Kerja - News

Laporan Wartawan News, Fitri Wulandari

News, JAYAPURA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa Indonesia akan mengalami bonus demografi pada 2035, ini tentunya harus dimanfaatkan secara optimal karena mayoritas penduduk nantinya berusia produktif.

Pernyataan ini ia sampaikan saat meresmikan gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Distrik Abepura, kota Jayapura, Selasa (21/3/2023).

Menurutnya, ada begitu banyak pekerjaan yang bisa mereka peroleh di masa depan.

Baca juga: Jokowi Resmikan Papua Youth Creative Hub, Minta Dibangun Lagi di NTT, Papua Barat, Maluku dan Aceh

Bahkan pekerjaan itu jauh lebih menjanjikan dibandingkan hanya sekadar menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) atau Pegawai Negeri Sipil (PNS).

"Kita tahu bahwa negara kita Indonesia akan mengalami bonus demografi. Di tahun kurang lebih nanti 2035, sebagian besar penduduk Indonesia berusia produktif," kata Jokowi dalam sambutannya yang dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Melihat potensi usia produktif di Papua diprediksi mencapai lebih dari 60 persen pada 2035 mendatang, ia pun menekankan bahwa para pemuda ini memerlukan wadah untuk bisa menampung kreativitas mereka.

Hal itu agar kelak mereka bisa bekerja secara mandiri dan tidak terlalu bergantung pada gaji bulanan.

"Sehingga ini memerlukan wadah, memerlukan kesempatan kerja , memerlukan peluang kerja, jangan berpikir kita semua ini pengen jadi PNS," jelas Jokowi.

Baca juga: Jokowi: PYCH Beri Kesempatan Anak Muda Papua Kembangkan Kualitasnya

Kunjungan Jokowi kali ini ke Papua menandai total 16 kali ia telah menyambangi provinsi itu.

Kali ini, ia mengunjungi Papua untuk meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) dan akan berada di provinsi itu selama 2 hari.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat